Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korupsi L/C Perbaikan Shukoi, Bekas Bos ASEI Divonis 4,5 Tahun Penjara

Zaafril adalah terdakwa dalam perkara dugaan korupsi letter of credit atau L/C impor PT ASEI .
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat menjatuhkan hukuman penjara selama 4,5 tahun dan denda Rp250 juta terhadap eks Direktur Utama PT Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI), Zaafril Razief Amir.

Zaafril adalah terdakwa dalam perkara dugaan korupsi letter of credit atau L/C impor PT ASEI yang menurut hasil audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah merugikan negara senilai US$1,49 juta atau Rp20,3 miliar.

"Menyatakan terdakwa tersebut terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Korupsi secara bersama-sama sebagaimana dalam dakwaan kesatu," demikian bunyi amar putusan yang dikutip Bisnis, Minggu (7/3/2021).

Adapun hukuman yang diterima mantan bos ASEI itu lebih rendah dibandingkan dengan tuntutan jaksa selama 7 tahun dan denda Rp500 juta subsidair 6 bulan penjara.

Hakim sendiri beralasan bahwa Zaafril hanya terbukti melanggar dakwaan primer baik dakwaan kesatu maupun dakwaan kedua. Dengan demikian, Zaafril hanya dikenakan hukuman dari dakwaan kesatu subsider.

Adapun dalam perkara ini, hakim tipikor telah menjatuhkan kepada empat terdakwa lainnya. Keempat terdakwa itu yakni Dirut Mega Persada Prima Perdana Putra Mohede, pengelola PT Andalan Artha Advisindo Capital Danu Prihantara Nurrachman, Mjsa Harun Taufik Kepala KCU ASEI, dan Human Mintaraga.

Adapun perkara ini bermula dari persetujuan dari PT ASEI meyetujui permintaan L/C dari PT MPP untuk melaksanakan jasa perbaikan pesawat Shukhoi milik Indonesia. PT MPP adalah agen dari celler resources di Singapura.

Namun pada kenyataannya, surat LC tersebut tidak digunakan dengan semestinya dan mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp20,3 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper