Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GAMKI Bantah Jadi Pelaksana KLB Partai Demokrat di Deli Serdang

GAMKI adalah organisasi yang independen dan tidak terafiliasi kepada partai politik ataupun organisasi mana pun.
Bendera Partai Demokrat./Antara
Bendera Partai Demokrat./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) membantah menjadi pelaksana acara pertemuan kongres luar biasa atau KLB Partai Demokrat dan dihadiri Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Hotel The Hill, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut) pada Kamis-Sabtu, 4-6 Maret 2021.

Dugaan keterlibatan GAMKI dalam KLB Partai Demokrat sempat dilontarkan oleh Kepala Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Andi Arief lewat cuitan di akun Twitternya.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat GAMKI Willem Wandik mengatakan telah menelusuri dan mengonfirmasi informasi tersebut kepada Dewan Pimpinan Daerah GAMKI Sumatra Utara.

"Dapat kami tegaskan bahwa DPD GAMKI Provinsi Sumatra Utara ataupun DPC GAMKI se-Sumatra Utara tidak melaksanakan kegiatan ataupun pertemuan apapun di Hotel The Hill Sibolangit, Deli Serdang pada tanggal 4-6 Maret 2021," kata Willem dalam keterangan tertulis, Kamis (4/3/2021).

Willem, yang juga politikus Partai Demokrat, mengatakan tengah membentuk tim pencari fakta untuk menelusuri apakah ada oknum yang membawa-bawa nama GAMKI dalam mempersiapkan pertemuan di Hotel The Hill Sibolangit, Deli Serdang.

Menurutnya, GAMKI bertindak jika terbukti ada orang yang mengaitkan organisasi dalam urusan internal organisasi lainnya.

"Kami dari DPP GAMKI akan melakukan langkah organisasi ataupun langkah hukum lainnya secara tegas dan terukur," ucap Willem.

Willem pun meminta agar tak ada pihak yang mengaitkan GAMKI dengan polemik Partai Demokrat. Ia berujar fungsionaris pengurus atau anggota GAMKI memang diberikan kebebasan, hak berdemokrasi, dan hak berpolitik secara pribadi untuk terlibat dalam organisasi masyarakat atau partai politik.

Namun, kata dia, GAMKI memiliki kebijakan untuk tak ikut campur dalam urusan internal organisasi lain, baik ormas maupun partai politik yang sedang berpolemik dan inkonsitusional.

"GAMKI adalah organisasi yang independen dan tidak terafiliasi kepada partai politik ataupun organisasi mana pun," ucap Willem.

Andi Arief sebelumnya mengatakan rencana kudeta partai oleh sebagian kader dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bukan desas-desus. Andi mengatakan, tim Demokrat menemukan rencana kegiatan kudeta diduga bakal digelar di Hotel The Hill, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara.

Menurut Andi, tim Demokrat telah sampai di lokasi dan meminta informasi kepada resepsionis. Namun. disebutkan bahwa tak ada kegiatan atas nama KLB Partai Demokrat.

"Tetapi yang ada kegiatan GAMKI yang dilaksanakan selama tiga hari, Kamis, Jumat, dan Sabtu," kata Andi lewat cuitan di akun Twitternya, Kamis (4/3/2921).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper