Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Ajarkan Anak Sekolah untuk Patuhi Doktrin Xi Jinping

Pemerintah China melalui organisasi Pionir Muda China mendorong pengajaran kepada anak-anak bahwa kehidupan bahagia hari ini pada akhirnya berasal dari kepemimpinan Partai yang benar serta dari keunggulan sistem sosialis China.
Presiden China Xi Jinping/Reuters
Presiden China Xi Jinping/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Komite Sentral Partai Komunis China pada hari Rabu lalu (3/2/2021) mengeluarkan pedoman baru untuk meningkatkan pendidikan ideologis di antaranya Pionir Muda China, sebuah organisasi pemuda nasional yang berafiliasi dengan partai.

Pedoman tersebut menegaskan bahwa semua anak di sekolah dasar dan dua tahun pertama sekolah menengah harus mengikuti satu kelas per minggu untuk melaksanakan kegiatan Pionir Muda, dan materi pelatihan inti untuk staf pengajar harus dipikirkan oleh Xi.

"Anggota Pionir Muda harus diajar untuk mengingat dengan kuat ajaran Xi, dan melakukan apa yang telah diinstruksikan Xi," kata pedoman tersebut, dikutip dari Bloomberg.

Di China, semua orang mulai dari diplomat hingga eksekutif hingga penulis fiksi ilmiah berada di bawah tekanan untuk memasukkan prinsip 'Pemikiran Xi' sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan Maoisme dan membantu mengkonsolidasikan upaya presiden ke depan.

Dokumen tersebut juga mendorong pengajaran kepada anak-anak bahwa kehidupan bahagia hari ini pada akhirnya berasal dari kepemimpinan Partai yang benar serta dari keunggulan sistem sosialis China.

"Memperkuat pencerahan politik dan pembentukan nilai-nilai di antara anak-anak adalah kepentingan strategis untuk memastikan gen merah diturunkan dari generasi ke generasi," kata juru bicara partai, seperti dilansir People's Daily, Kamis (4/2/2021).

Gagasan pedoman lahir ketika Xi mengunjungi sebuah desa di provinsi Guizhou barat daya yang diklaim pemerintah telah berhasil memberantas kemiskinan. Berfoto dengan orang-orang dari etnis minoritas Miao yang mengenakan pakaian tradisional, Xi mengirim salam kepada semua orang China menjelang Tahun Baru Imlek yang tahun ini jatuh pada 11 Februari 2021.

Presiden juga memeriksa pekerjaan pembersihan sungai yang sebelumnya terkontaminasi. Pionir Muda China didirikan pada tahun 1949 dan mencakup hampir semua anak di Tiongkok yang berusia antara enam dan 14 tahun. Kelompok ini telah memainkan peran yang tak tergantikan dalam membimbing generasi anak-anak untuk mengikuti instruksi partai sesuai dengan pedoman.

Meskipun tidak jelas berapa total keanggotaannya saat ini, data dari tahun 2007 menyebutkan angkanya sekitar 130 juta pemuda China yang mengikuti organisasi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper