Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pendiri Alibaba Group Holding Ltd. Jack Ma tiba di konferensi Tech For Good di Istana Elysee di Paris, Prancis, Rabu (15/5/2019). - Bloomberg/Marlene Awaad
Premium

Jack Ma Ditendang dari Daftar Pengusaha Berpengaruh, Bagaimana Alibaba Bertahan?

04 Februari 2021 | 18:31 WIB
Usai sempat dikabarkan menghilang dari hadapan publik, Jack Ma ditendang dari jajaran pengusaha berpengaruh di China. Bagaimana dampaknya terhadap Alibaba?

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Jack Ma kembali ramai diperbincangkan setelah dirinya didepak dari jajaran pengusaha sektor teknologi paling berpengaruh di China. 

Media pemerintah China, Shanghai Securities News telah mempublikasikan daftar nama pengusaha yang paling berpengaruh di Negeri Panda tersebut. Kejanggalannya, nama Jack Ma pendiri Alibaba Group tidak tercantum dari daftar tersebut. Apalagi, Jack Ma boleh dibilang tokoh paling beken di dunia teknologi China.

Sementara itu, beberapa nama pengusaha terkenal lain seperti Chairman BYD Co. Wang Chuanfu, Co-Founder Xiaomi Corp. Lei Jun, serta CEO Huawei Technologies Ren Zhengfei tak luput mendapat sanjungan dalam daftar itu.

Alih-alih Jack Ma, justru editorial media massa tersebut memuji rival besarnya, pendiri Tencent Pony Ma, yang menciptakan ulang era mobile. 

"Satu generasi pengusaha China muncul dari struktur kaku sistem ekonomi lama kita, dengan keinginan untuk keluar dari kemiskinan dan hasrat untuk mencapai ambisi bisnis.Mereka telah menghembuskan kehidupan baru ke dalam reformasi ekonomi China," tulis surat kabar tersebut, yang didukung oleh Kantor Berita resmi Xinhua, dilansir Bloomberg, Rabu (3/2/2021).

Hal ini menjadi indikasi hubungan Ma dengan Beijing sudah memburuk, setelah sebelumnya dielu-elukan sebagai salah satu jagoan industri teknologi China. Ma memang disinyalir bermasalah dengan pemerintah China semenjak melontarkan kritik tajam terhadap regulasi keuangan di negara tersebut pada Oktober 2020.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top