Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut: Daerah dengan Kasus Corona Tertinggi Bakal Prioritas Dapat Vaksin

Pemerintah menargetkan Indonesia bisa mencapai target 70 persen herd immunity (kekebalan komunitas) pada tahun ini melalui program vaksinasi Covid-19.
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan./ANTARA
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan./ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah terus berupaya untuk melakukan percepatan proses vaksinasi Covid-19. Hal itu dilakukan agar kekebalan komunitas atau herd immunity bisa terbentuk dalam kurun satu tahun ini.

Dia mengungkapkan akselerasi vaksinasi menjadi salah satu dari empat strategi utama pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19.

Luhut menuturkan upaya percepatan vaksinasi Covid-19 sudah dimulai kepada tenaga kesehatan. Kemudian, akan dilanjutkan ke petuga pelayanan publik, keolompok rentan, dan juga daerah-daerah yang menjadi prioritas.

Dia menjelaskan daerah yang dianggap prioritas ini ialah daerah yang memiliki positivity rate (angka positif) Covid-19 yang tinggi.

“Masalah vaksin ini masih terus dalam proses pengerjaan, kita harapkan target kita mencapai 70 persen herd immunity (kekebalan komunitas) dapat kita capai dalam jangka waktu 12 bulan,” kata Luhut seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis (4/2/2021).

Lebih lanjut, Luhut mengungkapkan untuk dapat mengendalikan penambahan kasus Covid-19, dibutuhkan penurunan mobilitas di atas 30 persen.

“Berdasarkan pengalaman, dibutuhkan penurunan mobilitas di atas 30 persen untuk mengendalikan penambahan kasus, sehingga akan ada penyesuaian peraturan dan kebijakan akan hal ini,” jelasnya.

Adapun, startegi lainnya yang dijalankan pemerintah untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 adalah meningkatkan perubahan perilaku masyarakat dalam menangani Covid-19 dengan melakukan operasi perubahan perilaku serta kampanye protokol kesehatan secara sistematis di masyarakat yang melibatkan berbagai kalangan.

Kedua, melakukan deteksi awal penyebaran Covid-19 dengan mendorong strategi pemeriksaan (testing) dan pelacakan (tracing) yang agresif dan tepat sasaran.

Ketiga, pembangunan fasilitas isolasi terpusat yang juga menjadi strategi berikutnya yang diutamakan dalam penanganan Covid-19.

Keempat, akselerasi vaksinasi Covid-19, yang dimulai dari tenaga kesehatan, pelayanan publik, kelompok rentan, dan juga daerah-daerah yang menjadi prioritas.

Luhut mengungkapkan sejumlah strategi itu dilakukan untuk mencapai tiga target utama pemerintah dalam penanganan Covid-19. Ketiga target yang dimaksud yaitu menurunkan penambahan kasus harian, menurunkan angka kematian dan meningkatkan kesembuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper