Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Besok, Jokowi Bakal Lantik Listyo Sigit Jadi Kapolri

Usai dilantik Jokowi sebagai Kapolri, Listyo Sigit akan langsung kembali ke Mabes Polri untuk melaksanakan upacara serah terima jabatan dengan Jenderal Idham Azis
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  19:14 WIB
Kabareskrim Polri bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1 - 2021).
Kabareskrim Polri bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1 - 2021).

Bisnis.com, JAKARTA - Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo rencananya akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, 27 Januari 2021.

"InshaAllah besok jadi. Kita berdoa semua besok Pak Listyo Sigit bisa dilantik," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono di kantornya, Jakarta Selatan pada Selasa (26/1/2021).

Pelantikan Listyo Sigit sebagai Kapolri bakal diselenggarakan di Istana Negara. Nantinya, usai acara pelantikan di istana, Listyo Sigit akan kembali ke Mabes Polri untuk melaksanakan upacara serah terima jabatan dengan Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis. Upacara dijadwalkan pada pukul 11.00 WIB. 

Komjen Listyo Sigit akan menggantikan Jenderal Idham Azis. Kapolri Idham Azis akan memasuki masa purna tugas pada 1 Februari 2021.

Seperti diketahui, Komisi III DPR RI telah secara bulat menyetujui pengangkatan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Sebelum mendapat persetujuan, Listyo Sigit terlebih dulu menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI.

Semua fraksi di DPR sepakat Listyo Sigit adalah sosok yang tepat sebagai pengganti Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis.

Persetujuan tersebut kemudian langsung disahkan dalam rapat paripurana pada keesokan harinya, Kamis (21/1/2020). Melalui rapat paripurna, DPR kemudian menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri ke-25.

Selain itu, Ketua DPR RI Puan Maharani juga telah menyurati Istana untuk bisa melakukan pelantikan Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Adapun, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama sebelumnya memastikan bahwa pelantikan Kapolri yang baru akan dilakukan sebelum masa jabatan Jenderal Idham Azis berakhir atau sebelum akhir Januari 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kapolri Listyo Sigit Prabowo

Sumber : Tempo.Co

Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top