Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjaga Pantai China Tembak dan Tenggelamkan Kapal Asing, Ini Reaksi Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti ikut berkomentar terkait kebijakan pemerintah China yang mengizinkan penjaga pantai untuk menembak dan menenggelamkan kapal asing, khususnya di Laut China Selatan.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  10:36 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengikuti rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/6/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengikuti rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/6/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti angkat bicara terkait kebijakan pemerintah China yang mengizinkan penjaga pantai untuk menembak dan menenggelamkan kapal asing yang berada di teritori lautan milik negara tersebut.

Menurut Susi, Indonesia sudah melakukan kebijakan tersebut saat dia memimpin KKP beberapa tahun lalu saat pemerintahan kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode pertama.

"Kita sudah dan bisa. Kalau mau," tulis Susi melalui akun Twitter resmi miliknya @susipudjiastuti seperti dikutip Bisnis, Senin (25/1/2021).

Dalam tautan Twit yang diunggah oleh Susi, ada seorang warganet atau netizen yang memberikan respons. Netizen Twitter bernama Kresno (@krisnayanto) tersebut menuliskan Indonesia hanya menjadi penonton atas tingginya tensi antara China, Amerika, dan Taiwan yang terjadi di Laut China Selatan.

"Nonton doang kita. Sayang Indonesia dan gak punya kapal induk, punya yang berkesan adalah Mbah e kapal, yaitu tembo alias gethek buat nyebrang sungai," ucap @krisnayanto.

Susi pun langsung menjawab cuitan Kresno tersebut dalam twit terbaru. Menurut Susi, pulau-pulau yang dimiliki Indonesia justru lebih besar dari kapal induk.

"Pulau2 kecil kita banyak yg lebih gede dari kapal induk. Dan tidak bisa ditenggelamkan," tulis @susipudjiastuti sambil menambahkan emoticon tertawa dan jempol.

https://twitter.com/susipudjiastuti/status/1353494040298156032

Pemerintah China memberikan penjaga pantai kewenangan baru yang besar guna menghadapi kapal-kapal asing di perairan negara itu. Hal ini termasuk kewenangan membuka tembakan terhadap kapal-kapal tersebut.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Senin (25/1/2021), kapal-kapal penjaga pantai akan diizinkan untuk memaksa keluar kapal asing, dan menggunakan persenjataan jika kapal-kapal itu tidak mematuhinya mulai 1 Februari 2021.

Penjaga pantai juga akan memiliki kewenangan untuk merobohkan struktur-struktur yang dibangun oleh organisasi atau individu asing di perairan atau di pulau-pulau di bawah yurisdiksi China.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi china kapal asing Susi Pudjiastuti
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top