Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Untuk Pelantikan, Joe Biden Gunakan Alkitab Keluarga Berumur 127 Tahun

Sumpah presiden di atas teks agama bukan sebuah kewajiban, melainkan lebih seperti tradisi yang ada sejak Presiden AS pertama George Washington dilantik.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  15:59 WIB
Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden berbicara tentang ekonomi dan laporan kerja Amerika Serikat terakhir tahun 2020 di kantor pusat transisi di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, Jumat (4/12/2020). - Antara/Reuters
Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden berbicara tentang ekonomi dan laporan kerja Amerika Serikat terakhir tahun 2020 di kantor pusat transisi di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, Jumat (4/12/2020). - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden akan disumpah di atas kitab suci bersejarah bagi keluarganya sebab usianya telah mencapai 127 tahun.

Sumpah presiden di atas teks agama bukan sebuah kewajiban, melainkan lebih seperti tradisi yang ada sejak Presiden AS pertama George Washington dilantik. Sebanyak 45 presiden mengucap sumpah di atas Alkitab yang berbeda.

Beberapa di antara mereka ada yang memilih Alkitab dari keluarganya atau Alkitab bersejarah yang digunakan para pendahulunya. Contohnya, Presiden Barack Obama yang memilih menggunakan milik Abraham Lincoln pada pelantikannya tahun 2009.

Sementara itu, pada pelantikan yang paling berbeda dari sejarah AS, karena pandemi Covid-19 dan pengamanan super ketat setelah kerusuhan gedung Capitol, Biden akan menggunakan Alkitab milik keluarganya yang digunakan sejak 1893.

Hal ini diungkapkan oleh Biden dan Ibu Negara Jill Biden dalam acara The Late Show with Stephen Colbert.

"Itu hanya pusaka keluarga Biden, dan setiap tanggal penting ada di sana. Misalnya, setiap kali saya disumpah untuk apa pun, tanggalnya selalu sama dan tertulis di Alkitab,” kata Biden seperti dikutip dari The Oprah Magazine.

Menilik sejarah kitab suci yang berukuran 5 inchi ini, Biden telah menggunakannya dalam berbagai momen penting dalam hidupnya, di antaranya adalah saat pertama kali disumpah menjadi anggota Senat di Delaware.

Saat itu dia mengucap sumpah di samping dua anak laki-lakinya yang dirawat pasca-kecelakaan yang merenggut nyawa istri dan anak perempuannya.

Sejak saat itu, Biden menggunakannya sebanyak enam kali upacara Senator AS dan juga dua kali saat menjabat sebagai Wakil Presiden AS mendampingi Obama.

Salah satu kenangan pada Alkitab tersebut juga tercatat saat mendiang anaknya, Beau yang meninggal pada 2015 karena sakit kanker otak, saat diangkat menjadi pengacara umum delaware pada 2007.

Rencananya, band rock New Radicals akan hadir dalam parade virtual untuk menyanyikan lagu You Get What You Give, lagu yang biasa didengarkan oleh Beau Biden saat mendapatkan perawatan setiap pagi hari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Joe Biden
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top