Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantap! China Bakal Beri Vaksin Covid-19 Gratis untuk Myanmar

China menyatakan akan memberi sejumlah vaksin Covid-19 kepada Myanmar untuk membantu negara tersebut menangani pandemi Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  18:28 WIB
Menteri Luar Negeri China Wang Yi  - Istimewa
Menteri Luar Negeri China Wang Yi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - China berkomitmen untuk memberikan sejumlah vaksin Covid-19 gratis kepada Myanmar. Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi saat mengakhiri kunjungan selama dua hari di Myanmar, Selasa (12/1/2021).

"China akan terus menyediakan bahan anti epidemi sesuai dengan kebutuhan Myanmar. Kami akan memberikan sejumlah vaksin virus corona secara gratis dan akan melanjutkan diskusi tentang kerja sama vaksin," kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan.

Kementerian juga mengatakan bahwa ketika Menlu Wang Yi bertemu dengan panglima tertinggi militer Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing, dia meminta dukungan militer untuk Koridor Ekonomi China-Myanmar.

Koridor tersebut adalah jaringan proyek transportasi dan infrastruktur yang melintasi daerah di mana faksi etnis minoritas saling berperang dengan pasukan pemerintah.

Pertempuran di timur laut Myanmar terkadang menyebabkan para pengungsi melarikan diri dari perbatasan ke China.

Setelah meninggalkan Myanmar, Wang Yi, anggota dewan negara dan menteri luar negeri China, akan mengunjungi Indonesia, Brunei, dan Filipina sebelum kembali ke negaranya pada 16 Januari.

Adapun, terkait kunjungan ke Indonesia, Menlu Wang Yi dikabarkan akan bertemu dengan sejumlah pejabat di Tanah Air. Dia dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menlu Retno dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Dari Jakarta, Wang akan melanjutkan kunjungannya ke Brunei Darussalam dan Filipina atas undangan menlu kedua negara itu. Sebelum ke Asean, Menlu Wang Yi melakukan kunjungan ke sejumlah negara di Afrika.

Wang Yi sebelumnya berencana mengunjungi Indonesia menjelang peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-China pada April 2020. Namun karena terjadi pandemi, maka kunjungan tersebut baru bisa dilakukan pada awal 2021.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china myanmar Vaksin Covid-19

Sumber : Antara

Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top