Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kim Jong-un Makin Berkuasa, Diangkat jadi Sekjen Partai Buruh

Kongres pada Sabtu merevisi peraturan partai yang mengatakan bahwa kemampuan pertahanan yang akan membawa perdamaian di Semenanjung Korea.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 11 Januari 2021  |  08:02 WIB
Kim Jong-un Makin Berkuasa, Diangkat jadi Sekjen Partai Buruh
Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un - Bloomberg/Andrey Rudakov
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Utara menobatkan Kim Jong-un sebagai Sekretaris Jenderal Partai Buruh, menggantikan mendiang ayahnya, Kim Jong-il. Hal ini memperlihatkan secara nyata Kim menancapkan kekuatannya.

Pemilihan sekretaris jenderal dilaksanakan pada kongres ke-8 di Pyongyang, Minggu (10/1/2021).

Dilansir dari Yonhap, Senin (11/1/2021), jabatan sekjen sebelumnya dipegang mendiang ayah King Jong-un yang disebut sebagai sekjen abadi. Sistem kesekretariatan sempat dibatalkan pada 2016.

"Kongres ke-8…memutuskan yang terhormat Kim Jong-un sebagai Sekretaris Jenderal Partai Buruh Korea,” demikian dilaporkan Korean Central News Agency (KCNA).

Sementara itu Arirang melaporkan kongres pada Sabtu merevisi peraturan partai yang mengatakan bahwa kemampuan pertahanan yang akan membawa perdamaian di Semenanjung Korea.

Analis mengatakan hal tersebut tidak berarti Korut tengah mengincar persatuan dalam waktu singkat, tetapi menggalang kekuatan militer.

Sistem sekretariat, kata para ahli, akan lebih memusatkan kekuasaan pada Kim Jong-un karena dia akan menjadi satu-satunya di dalam hirarki partai dengan gelar "ketua" dari entitas mana pun.

Korea Utara juga memutuskan bahwa kongres partai akan diadakan setiap lima tahun. Komite tetap politbiro dapat mengadakan pertemuan politbiro tanpa Kim. Artinya, jumlah komite tetap politbiro akan bertambah.

Kemungkinan termasuk Kim Yo-jong, saudara perempuan Kim Jong-un, yang sempat ikut buka suara terkait hubungan dua Korea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korut kim jong un
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top