Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masyarakat Makin Terbelah, SBY: Pembiaran adalah Dosa Besar!

Bagi Indonesia yang sepanjang sejarahnya selalu ada konflik, baik vertikal maupun horizontal, menurut SBY, keadaan buruk seperti itu harus dicegah dan dihindari.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 08 Januari 2021  |  15:55 WIB
Presiden RI ke-6 dan Ketua Umum Partai Demokrat  Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dirawat di RSPAD  17 Juli karena kelelahan sekembalinya dari Pacitan dan Yogyakarta. - Instagram@aniyudhoyono
Presiden RI ke-6 dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dirawat di RSPAD 17 Juli karena kelelahan sekembalinya dari Pacitan dan Yogyakarta. - [email protected]

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku khawatir ketika melihat fenomena polarisasi sosial dan politik yang semula berawal dari kontestasi dalam Pemilu dan Pilkada yang sangat keras dan tidak damai. 

Bagi Indonesia yang sepanjang sejarahnya selalu ada konflik, baik vertikal maupun horizontal, menurut SBY, keadaan buruk seperti itu harus dicegah dan dihindari.

SBY mengatakan mumpung belum terlalu jauh divisi dan polarisasi sosial serta politik di negeri kita, para pemimpin dan semua elemen bangsa harus sadar bahwa sesuatu harus dilaksanakan. 

"Something must be done. Pembiaran dan inaction adalah dosa dan kesalahan besar," tegas SBY dalam catatan yang dibagi melalui akun media sosialnya, Jumat (8/1/2021).

Di sisi lain, jangan pula ada yang justru menginginkan dan memelihara polarisasi sosial-politik yang tajam ini untuk kepentingan pribadi dan politiknya. 

Kalau ada pihak-pihak yang berpikiran dan bertindak seperti itu, menurutnya, mereka bukan hanya tidak bertanggung jawab tetapi juga tidak bermoral. 

"Sejarah menunjukkan bahwa bangsa yang sudah benar-benar terbelah dan terpolarisasi secara tajam, sangat tidak mudah untuk menyatukannya kembali," imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sby susilo bambang yudhoyono
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top