Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nama Pengganti Kapolri Idham Azis Dikirim ke DPR Akhir Pekan Depan

Pimpinan DPR belum menerima surat dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi ihwal calon kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (tengah). /Antara
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (tengah). /Antara

Bisnis.com, JAKARTA  - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad menyebut Presiden Joko Widodo akan menyampaikan surat calon Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis pada pekan pertama Januari 2021.

Dia mengatakan hingga kini pimpinan Dewan belum menerima surat dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi ihwal calon kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.

"Mungkin akhir minggu pertama bulan Januari," kata Dasco dikutip dari Tempo, Rabu, 30 Desember 2020.

Seperti diketahui, DPR masih menjalani masa reses hingga 8 Januari mendatang. Pembukaan masa sidang kemungkinan akan digelar pada Senin, 11 Januari 2021.

Jika surat presiden sudah diterima, pimpinan DPR selanjutnya akan menugasi Komisi Hukum atau Komisi III DPR untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap calon Kapolri yang diajukan Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni mengatakan Komisi III siap melakukan uji kelayakan dan kepatutan siapa pun calon pemimpin Korps Bhayangkara yang dipilih Presiden. 

Namun ia enggan berspekulasi ihwal nama-nama yang mungkin diajukan Jokowi.

"Sosok yang berintegritas dan profesional, itu wajib menjadi dasar calon Kapolri di antara bintang tiga yang ada," kata Sahroni pada Selasa, 15 Desember lalu, terkait kriteria calon Kapolri.

Sebelumnya Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti mengatakan pihaknya masih menyaring nama-nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis untuk diusulkan kepada Presiden Jokowi.

Menurut Poengky, Kompolnas menggelar forum group discussion (FGD) yang diikuti sejumlah perwakilan dari alumni Akademi Kepolisian lintas generasi, tokoh masyarakat, dan purnawirawan Polri yang diwakili Kapolri dan Wakapolri pada masanya.

"Kompolnas melihat prestasi, rekam jejak serta integritas calon-calon yang ada. Dalam waktu dekat akan kami sampaikan nama-nama calon Kapolri kepada Bapak Presiden," kata Poengky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Edi Suwiknyo
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper