Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nama Pengganti Kapolri Idham Azis Dikirim ke DPR Akhir Pekan Depan

Pimpinan DPR belum menerima surat dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi ihwal calon kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  12:55 WIB
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (tengah).  - Antara
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (tengah). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA  - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad menyebut Presiden Joko Widodo akan menyampaikan surat calon Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis pada pekan pertama Januari 2021.

Dia mengatakan hingga kini pimpinan Dewan belum menerima surat dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi ihwal calon kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.

"Mungkin akhir minggu pertama bulan Januari," kata Dasco dikutip dari Tempo, Rabu, 30 Desember 2020.

Seperti diketahui, DPR masih menjalani masa reses hingga 8 Januari mendatang. Pembukaan masa sidang kemungkinan akan digelar pada Senin, 11 Januari 2021.

Jika surat presiden sudah diterima, pimpinan DPR selanjutnya akan menugasi Komisi Hukum atau Komisi III DPR untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap calon Kapolri yang diajukan Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni mengatakan Komisi III siap melakukan uji kelayakan dan kepatutan siapa pun calon pemimpin Korps Bhayangkara yang dipilih Presiden. 

Namun ia enggan berspekulasi ihwal nama-nama yang mungkin diajukan Jokowi.

"Sosok yang berintegritas dan profesional, itu wajib menjadi dasar calon Kapolri di antara bintang tiga yang ada," kata Sahroni pada Selasa, 15 Desember lalu, terkait kriteria calon Kapolri.

Sebelumnya Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti mengatakan pihaknya masih menyaring nama-nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis untuk diusulkan kepada Presiden Jokowi.

Menurut Poengky, Kompolnas menggelar forum group discussion (FGD) yang diikuti sejumlah perwakilan dari alumni Akademi Kepolisian lintas generasi, tokoh masyarakat, dan purnawirawan Polri yang diwakili Kapolri dan Wakapolri pada masanya.

"Kompolnas melihat prestasi, rekam jejak serta integritas calon-calon yang ada. Dalam waktu dekat akan kami sampaikan nama-nama calon Kapolri kepada Bapak Presiden," kata Poengky.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr kapolri

Sumber : Tempo

Editor : Edi Suwiknyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top