Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaleidoskop Hukum 2020: Dari Harun Masiku Hingga Penembakan Laskar FPI

Penangkapan terhadap Kepala Adat Laman Kinipan Effendi Buhingtu dilakukan polisi karena yang bersangkutan diduga terlibat kasus kriminal. Setelah muncul protes masyarakat, penahanan ditangguhkan.
Tangkapan layar dari video pernyataan Effendi Buhing yang dibagikan Menkopolhukam Mahfud MD./Ist
Tangkapan layar dari video pernyataan Effendi Buhing yang dibagikan Menkopolhukam Mahfud MD./Ist

Agustus: Polda Kalteng Tangkap Kepala Adat Laman Kinipan

Bisnis.com,JAKARTA - Langkah Polda Kalimantan Tengah menangkap Kepala Adat Laman Kinipan Effendi Buhing menjadi sorotan pada Agustus 2020.

Penangkapan itu sendiri dilakukan karena yang bersangkutan diduga terlibat kasus kriminal.

Sementara itu, gelombang protes muncul seiring penangkapan tersebut. Belakangan penahanan kepala adat Laman Kinipan ditangguhkan.

Berikut sejumlah berita yang menonjol pada Agustus 2020:

3 Agustus

Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Bareskrim Polri menjemput dua buronan Indonesia yang telah lama diamankan Kepolisian Amerika Serikat.

Ketua Presidium IPW Neta S. Pane mengemukakan bahwa kedua buronan yang telah masuk red notice tersebut yaitu Indra Budiman terkait perkara tindak pidana penipuan dan pencucian uang penjualan Condotel Swiss Bell di Kuta Bali. 

Sementara, buronan lainnya adalah Sai Ngo NG yang terlibat kasus tindak pidana korupsi terkait pengajuan 82 KUR fiktif ke Bank Jatim cabang Woltermonginsidi Jakarta Selatan.

4 Agustus

Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz melakukan mutasi besar-besaran terhadap seluruh pejabat tinggi (Pati) dan pejabat menengah (Pamen) di Korps Bhayangkara.

Mutasi Pati dan Pamen Polri yang tertuang dalam surat telegram bernomor 2245, 2246, 2247, 2248, 2249 dan 2250 tersebut sekaligus mengangkat 8 Kapolda baru.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Argo Yuwono membenarkan mutasi besar-besaran itu. Menurut Argo, mutasi dilakukan agar roda organisasi terus bergerak dan menyegarkan organisasi.

9 Agustus

Polri membenarkan ada calon taruna dan taruni akademi kepolisian (Akpol) tahun 2020 dari Polda Kepulauan Riau yang tidak diloloskan karena positif Covid-19. Kabar itu pun sempat viral di media sosial beberapa hari lalu.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Argo Yuwono mengakui Polri merasa kehilangan calon taruna dan taruni Akpol 2020 terbaiknya lantaran dinyatakan positif covid-19 beberapa waktu lalu.

Menurut Argo calon taruna dan taruni yang tidak diloloskan tersebut memiliki prestasi dan ranking teratas di bidang akademis, namun tersandung Covid-19.

19 Agustus

Deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Din Syamsudin membantah telah menjebak Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun untuk hadir dalam deklarasi yang diselenggarakan pada Selasa (18/8/2020).

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut mengemukakan dirinya secara resmi mengundang Zuhair Al-Shun untuk menghadiri deklarasi KAMI di Tugu Proklamasi Jakarta Pusat pada hari Selasa 18 Agustus 2020 kemarin, bukan untuk peringatan HUT RI Ke-75.

Menurutnya, setelah viral surat klarifikasi Kedubes Palestina, Din Syamsudin langsung menghubungi Zuhair Al-Shun dan memang ada kesalahpahaman.

27 Agustus

Polda Kalimantan Tengah menangkap Kepala Adat Laman Kinipan Effendi Buhing. Penangkapan dilakukan karena yang bersangkutan diduga terlibat kasus kriminal.

Kabid Humas Polda Kalimantan Tengah Kombes Polisi Hendra Rochmawan mengemukakan bahwa Kepala Adat Laman Kinipan Effendi Buhing diduga sebagai aktor intelektual yang menyuruh orang untuk melakukan aksi kriminal terhadap PT Sawit Mandiri Lestari di Lamandau, Kalimantan Tengah.

Effendi Buhing ditangkap setelah tim penyidik dari Polda Kalimantan Tengah memeriksa empat orang tersangka kasus perampasan dan pencurian alat pemotong kayu dan pembakaran di Pos PT Sawit Mandiri Lestari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper