Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BMKG: Awas Hujan Lebat dan Angin Kencang, Ini Daftar Wilayah yang Kena

Dikutip dari laman BMKG, terpantau adanya bibit siklon tropis "96S" yang mengakibatkan pertumbuhan awan hujan yang signifikan yang menyebabkan hujan lebat dan angin kencang.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 08 Desember 2020  |  16:09 WIB
BMKG: Awas Hujan Lebat dan Angin Kencang, Ini Daftar Wilayah yang Kena
Hujan disertai petir - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah wilayah Indonesia mulai Selasa (8/12/2020) hingga Kamis 10 Desember 2020.

Dikutip dari laman BMKG pada Selasa (8/12/2020), terpantau adanya bibit siklon tropis "96S" yang mengakibatkan pertumbuhan awan hujan yang signifikan yang menyebabkan hujan lebat dan angin kencang.

BMKG kemudian meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi hujan lebat yang dapat menimbulkan banjir, tanah longsor, serta banjir bandang.

Seperti dilansir Instagram BMKG, ada wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang diunggah pada Selasa (8/12/2020).

Selasa, 8 Desember 2020

Wilayah yang berpotensi terkena cuaca ekstrim: Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku.

Sementara itu, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang pada hari ini adalah wilayah DKI Jakarta, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Rabu, 9 Desember 2020

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yaitu Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Selain ini, pada hari Pemilihan Kepala Daerah serentak ini di beberapa wilayah lain diperkirakan hujan di Sumatera Barat, Riau, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat.

Kemudian, ada empat wilayah yang berpotensi hujan dan angin kencang pada Rabu (10/12/2020). Wilayah tersebut antara lain Sumatera Barat, Riau, Yogyakarta, dan Maluku.

Kamis, 10 Desember 2020

Wilayah yang diperkirakan hujan lebat adalah Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Akibat bibit siklon 96S ini, BMKG memperkirakan potensi gelombang laut dengan ketinggian 4 hingga 6 terjadi di wilayah Samudra Hindia Selatan Banten hingga Jawa Tengah. Nelayan dan kapal yang melintas di wilayah perairan ini diimbau untuk waspada dan berhati-hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG hujan Cuaca Ekstrim Cuaca Indonesia
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top