Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tak Mau Disuntik Vaksin Covid-19, Presiden Brazil: Itu Hak Saya!

Presiden Brazil Jair Bolsonaro menambahkan bahwa Kongres kemungkinan tidak mengharuskan warga Brazil mendapatkan vaksin.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 November 2020  |  17:52 WIB
Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengenakan masker dalam sebuah acara di Planalto Palace di Brasilia, Brasil, Jumat (15/5/2020). - Bloomberg/Andre Borges
Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengenakan masker dalam sebuah acara di Planalto Palace di Brasilia, Brasil, Jumat (15/5/2020). - Bloomberg/Andre Borges

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Brazil Jair Bolsonaro kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial terkait dengan virus Corona atau Covid-19.

Kali ini, Bolsonaro menegaskan bahwa dirinya tak akan mau divaksin Covid-19. Pernyataan terbarunya itu menggambarkan keraguan Bolsonaro terhadap program vaksinasi virus Corona.

Dalam pernyataan yang disiarkan langsung melalui berbagai platform media sosial, pemimpin sayap kanan itu menambahkan bahwa Kongres kemungkinan tidak mengharuskan warga Brazil mendapatkan vaksin.

Brazil mencatat kematian Covid-19 tertinggi kedua di dunia, dan Bolsonaro selama berbulan-bulan meremehkan bahaya pandemi meski dirinya pernah menjadi pasien Covid-19 pada Juli lalu.

"Saya katakan, saya tidak akan disuntik (vaksin). Itu hak saya," katanya pada Kamis (26/11/2020) malam waktu setempat.

Bolsonaro menyampaikan keraguan atas manfaat penggunaan masker dalam siaran tersebut, menyiratkan bahwa terdapat sedikit bukti konklusif tentang keefektifan masker dalam mencegah penularan virus corona.

Dia juga kerap mengatakan warga Brazil tidak akan diharuskan mengikuti vaksinasi ketika vaksin Covid-19 tersedia secara luas.

Pada Oktober, Bolsonaro melontarkan lelucon di Twitter, yang menuliskan bahwa vaksinasi hanya diwajibkan untuk anjingnya saja.

Seperti diketahui, Bolsonaro sebelumnya juga menentang membeli vaksin Covid-19 milik Sinovac, produsen biofarmasi asal China.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brasil brazil Jair Bolsonaro Covid-19 Vaksin Covid-19

Sumber : Antara/Reuters

Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top