Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Ikut Seleksi Guru PPPK 2021? Ini Bocoran untuk Persiapan!

Tak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada seleksi tahun ini Kemendikbud rencananya akan menyediakan materi persiapan. Begini gambarannya..
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 26 November 2020  |  15:59 WIB
Guru memberikan materi saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada siswa baru secara daring di SMA Negeri 8 Jakarta, Senin (13/7/2020). Kegiatan MPLS dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di sekolah tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah. ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga
Guru memberikan materi saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada siswa baru secara daring di SMA Negeri 8 Jakarta, Senin (13/7/2020). Kegiatan MPLS dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di sekolah tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah. ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka kesempatan bagi guru honorer untuk ikut seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021. Untuk ikut seleksinya, simak tip dari Kemendikbud.

Pada seleksi tahun ini Kemendikbud rencananya akan menyediakan materi persiapan atau tak seperti seleksi pada tahun-tahun sebelumnya. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril mengatakan bahwa materi akan disampaikan secara daring. 

“Platform pembelajaran akan kami siapkan secara online, tapi fokusnya pada bagaimana inti per kontennya,” kata Iwan pada konferensi pers, Kamis (26/11/2020).

Iwan mencontohkan, kalau guru yang ikut seleksi mengajar konten matematika, maka fokus pada pendalaman mata pelajaran matematika. Pastikan menguasai konten pelajaran tersebut. 

“Penguasaan kontennya diperkuat sehingga lebih siap menghadapi seleksi,” imbuh Iwan. 

Selain konten khusus, ada pula soal manajerial dan sosiokultural untuk bagian dari seleksi ASN.  “Intinya silakan guru ngajarnya apa kontennya dikuasai. Jadi seharusnya tidak terlalu sulit. Saya optimistis guru-guru Indonesia punya semangat belajar, dan penguasaan itu harusnya sudah bagian dari keseharian,” tambahnya.

Adapun, Iwan mengatakan akan mempertimbangkan dan menyiapkan materi persiapan seleksi Guru PPPK secara luring lewat modul-modul. Hal ini untuk membantu guru-guru yang berada di daerah sulit koneksi internet.  

Saat ini, pelaksanaan seleksi Guru PPPK 2021 sedang dalam proses pemenuhan formasi. Kemendikbud dan Kementerian PANRB menyiapkan kuota 1 juta guru untuk 2021. 

Sementara itu, untuk tanggal-tanggal penting berkaitan dengan mulai pelaksanaan pemberian materi pendidikan dan proses seleksi akan diberikan pada awal 2021.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan guru kemendikbud guru honorer
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top