Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mendagri: Penerapan Prokes Paslon Pilkada Dipantau Setiap Hari

Pemerintah bersama seluruh stakeholder penyelenggaraan pemilihan terlibat dalam pemantauan protokol kesehatan selama masa kampanye Pilkada 2020.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 18 November 2020  |  16:48 WIB
Mendagri: Penerapan Prokes Paslon Pilkada Dipantau Setiap Hari
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai melakukan koordinasi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). ANTARA FOTO - Novrian Arbi

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Satgas Penanganan Covid-19 dan penyelenggara Pilkada 2020 melakukan pemantauan harian terkait penerapan protokol kesehatan selama masa kampanye.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan bahwa pemerintah bersama seluruh stakeholder penyelenggaraan pemilihan terlibat dalam pemantauan protokol selama masa kampanye Pilkada 2020.

Misalnya di Kemendagri, tiga struktural di bawah Tito melaporkan informasi harian terkait pelaksaaan Pilkada. Data ini kemudian disatukan guna memberi gambaran kondisi lebih lengkap.

“Di samping itu stakeholder lain penyelenggara KPU juga melakukan monitoring harian, Bawaslu juga melaksanakan monitoring harian ke Bawaslu daerah masing-masing,” kata Tito melalui keterangannya, Rabu (18/11/2020).

Lebih lanjut, aparat TNI-Polri dan Satgas Covid-19 juga melakukan monitoring harian. Hasil pemantauan ini kemudian disebarkan antarsatu elemen ke elemen lain.

Walhasil, seluruh pihak bisa mendapatkan rekonsiliasi data harian secara menyeluruh termasuk pelanggaran hingga penindakan yang dilakukan. “Jadi ini mekanisme kontrol, pengawasan tahapan-tahapan Pilkada,” terangnya.

Sementara itu, Kemendagri meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) memasukan tema penanganan Covid-19 dan dampak sosial ekonomi daerah sebagai bahan debat antarcalon.

Penentuan bahasan tersebut diperlukan lantaran dua tema itu menjadi persoalan rill yang sedang terjadi dan akan dihadapi oleh para pasangan terpilih.

Sementara itu, Tito meminta agar peserta Pilkada menggunakan alat pelindung diri sebagai bahan utama kampanye seperti masker, hand sanitizer dan tempat cuci tangan.

"Ini sudah banyak dikerjakan di berbagai daerah oleh para calon kepala daerah dan kami sudah menyampaikan ini lebih efektif daripada baliho. Kami melihat sampai hari ini cukup banyak para calon kepala daerah yang menggunakan metode kampanye seperti ini," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Pilkada 2020 Covid-19 Protokol Pencegahan Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top