Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investasi US$2,8 Miliar, Amazon Bangun Pusat Data Kedua di India

Investasi tersebut memungkinkan Amazon untuk meluncurkan AWS Cloud di Hyderabad pada pertengahan 2022.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 07 November 2020  |  14:59 WIB
Amazon web service
Amazon web service

Bisnis.com, JAKARTA – Amazon akan berinvestasi senilai US$2,8 miliar di Telangana, India, untuk membangun pusat data Amazon Web Service (AWS).

Menteri Teknologi Informasi, Elektronik, dan Komunikasi, Departemen Administrasi Kota dan Pembangunan Perkotaan, Telangana, K. T. Rama Rao mengatakan investasi tersebut memungkinkan Amazon untuk meluncurkan AWS Cloud di Hyderabad pada pertengahan 2022. Pusat data ini merupakan infrastruktur kedua yang dibangun di India.

“Pusat data terbaru ini akan membuat lebih banyak developer, stratup, perusahaan, pemerintah, dan organisasi non profit untuk menjalankan aplikasinya dan melayani pengguna dari India,” kata Amazon, dilansir dari techcrunch.com, Minggu (7/11/2020).

AWS sendiri telah melayani sejumlah konsumen pebisnis dalam beberapa tahun terakhir. Sejumlah perusahaan itu antara lain perusahaan mobil Ashok Leyland, perusahaan asuransi Aditya Birla Capital, startup pendidikan Byju, Axis Bank, Bajaj Capital, ClearTax, Dream11, Edelweiss, Freshworks, HDFC Life, Mahindra Electric, Ola, Oyo, dan Policybazaar.

Kepala analis Convergence Catalyst, Jayanth Kolla mengatakan dengan memiliki banyak pusat data di India, Amazon semakin mudah untuk berbisnis sejalan dengan regulasi pemerintah. Kedekatan ini juga memungkinkan Amazon untuk menarik lebih banyak konsumen di India.

“Ini adalah keuntungan yang bisa diambil oleh negara bagian Telangana, rumah dari kota teknologi Hyderabad, untuk menarik investasi sebesar ini,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pusat data amazon
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top