Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendikbud Diminta Turun Tangan, Setop Praktik 'Jualan' Asesmen Nasional

AN tidak akan menjadi penentu kelulusan siswa. Format dan kedudukan AN jauh berbeda dari Ujian Nasional (UN) masa sebelumnya.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim/Istimewa
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Praktik jualan program lulus Asesmen Nasional disorot Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru.

Terkait Asesmen Nasional, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem menetapkan akan mulai melaksanakannya pada Maret 2021.

Menurut Nadiem baik murid, guru, sekolah, maupun orang tua tak butuh persiapan khusus.

Namun, nyatanya saat ini masih banyak praktik ‘jualan’ agar bisa lulus Asesmen Nasional (AN).

Padahal, Nadiem sebelumnya sudah menjelaskan bahwa AN tidak akan menjadi penentu kelulusan siswa. Format dan kedudukan AN jauh berbeda dari Ujian Nasional (UN) masa sebelumnya.

“Ada beberapa poster menunjukkan jualan tips-tips untuk lulus AN, yang sedang ramai diperbincangkan, jika dilihat lebih teliti, lembaga penyelenggaranya adalah sekolah yang selama ini diduga kuat oleh publik sebagai grup think thank-nya Kemdikbud,” ungkap Satriwan Salim, Koordinator Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru (P2G), melalui keterangan tertulis, Selasa (3/11/2020).

Satriwan menduga praktis bisnis pendidikan model ini dibiarkan terjadi. Padahal secara regulasi, AN itu bukan penentu kelulusan siswa. Praktik penyelenggaraan AN bukan bertujuan melakukan penilaian siswa seperti UN dulu.

“Tapi, peluang bisnis dari Sekolah [Swasta] yang memang jualan AN ini laku di masyarakat yang belum paham secara utuh dan komprehensif tentang AN. Bisnis model ini tentu memanfaatkan persepsi publik: guru, siswa, orang tua yang belum paham seutuhnya tentang Asesmen Nasional, yang berbeda dari Ujian Nasional,” ungkapnya.

Hal ini menjadi kekhawatiran bagi perhimpunan guru atas pelaksanaan AN pada Maret 2021 mendatang.

“UN dulu itu menjadi beban siswa, guru, dan ortu ya karena model-model bisnis pendidikan seperti di atas. Bahaya jika [kebijakan] pendidikan dibisniskan seperti ini. Praktik-praktik seperti ini menjadi faktor yang membuat pendidikan kita makin buruk, makin terjatuh,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan UN, siswa dinilai hanya dijadikan objek ujian. Orientasi pendidikan hanya kepada pengetahuan. Bagaimana cara agar siswa \"lulus\" ujian Asesmen Nasional dengan menjual praktik atau cara-cara pintas menjawab soal.

“Dengan begini, tujuan pendidikan karakter makin dipinggirkan. Penguatan nilai-nilai karakter bukan lagi prioritas sekolah. Prioritas sekolah lebih dominan kepada bagaimana caranya agar sekolah mendapatkan milai AN yang tinggi sebab akan menjadi prestise sekolah sampai kepala daerah,” tambahnya.

Lagi-lagi, ujar Santriwan, dengan bisnis sistem pendidikan ini siswa terbebani secara psikologis, bahkan juga secara ekonomi. Program Bimbel Lulus AN pastinya berbayar, yang harganya tidaklah murah.

Lebih lanjut, Satriwan menjelaskan bahwa praktik bisnis jualan lulus AN juga berpotensi ‘memanipulasi’ publik. Pasalnya, kebijakan Kemendikbud yang sesungguhnya justru tidak menjadikan AN sebagai penentu kelulusan siswa.

“Ini diduga kuat bentuk kebohongan publik. Praktik-praktik bisnis pendidikan seperti di atas harus diberantas dan ditertibkan oleh Kemendikbud. Jika tidak, siswa, guru, dan orang tua akan menjadi korban kembali. Sama seperti UN dulu. Jika Mas Nadiem tak turun langsung menghentikan praktik-ptaktik Jualan Lulus AN seperti ini maka Mas Nadiem bersikap inkonsisten dengan kebijakannya. Mas Nadiem justru mengembalikan pendidikan nasional seperti era Rezim UN dulu. Semoga Mas Nadiem membenahi praktik-praktik bisnis pendidikan yang manipulatif tersebut,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper