Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dugaan Korupsi di Pelindo II, Kejagung: Terkait Perpanjangan Kontrak Swasta

Perpanjangan kontrak yang dilakukan oleh PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dengan pihak swasta sekitar 2015 diduga merugikan negara.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  16:45 WIB
Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono. - Antara
Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) menyebut bahwa perkara dugaan tindak pidana korupsi dan perbuatan melawan hukum yang terjadi pada PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) terkait dengan perpanjangan kontrak.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono menjelaskan perpanjangan kontrak yang dilakukan oleh PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dengan pihak swasta yang terjadi sekitar 2015, diduga telah menimbulkan kerugian negara.

"Jadi terkait pengelolaan pelabuhan oleh JICT yang diduga perjanjiannya sudah habis kemudian diduga ada perbuatan melawan hukum ketika dilakukan perpanjangan kontrak itu," tuturnya, Senin (26/10/2020).

Menurutnya, tim penyidik Kejagung akan mencari pihak yang bertanggungjawab dalam kontrak yang telah membuat negara merugi untuk dijadikan tersangka.

Meskipun demikian, Hari tidak menjelaskan detail mengenai berapa total jumlah kerugian negara dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi di PT Pelindo II tersebut.

"Tentu proses penyidikan itu jika dikaitkan dengan unsur tindak pidana dalam koruspsi setelah diduga ada melawan hukum. kan nanti dilihat berapa nilai kerugian keuangan negara. Nah inilah masih dalam proses," katanya.

Sebelumnya, Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung, Ali Mukartono mengatakan perkara korupsi Pelindo II sudah naik ke tahap penyidikan, kendati tidak diikuti penetapan tersangka.

Kendati begitu, dia tidak menjelaskan detail kapan kasus korupsi PT Pelindo II itu naik ke penyidikan. Dia mengatakan bahwa sejumlah saksi sudah mulai diperiksa tim penyidik untuk mencari tersangka yang diduga terlibat kasus korupsi di PT Pelindo II tersebut.

"Iya, [perkara korupsi PT Pelindo II] sudah [naik ke tahap penyidikan]," kata Ali Mukartono, Selasa (20/10/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korupsi pelindo ii kejagung
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top