Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 JPU Ditunjuk Tangani Kasus Kebakaran Gedung Utama Kejagung

Kejaksaan Agung (Kejagung) menunjuk tujuh orang Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang ditugaskan mengikuti semua proses penyidikan hingga menuntut para tersangka perkara tindak pidana kebakaran Gedung Utama Kejagung.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  20:43 WIB
Kondisi gedung utama Kejaksaan Agung yang terbakar - Antara/Galih Pradipta
Kondisi gedung utama Kejaksaan Agung yang terbakar - Antara/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Kejaksaan Agung menugaskan tujuh orang Jaksa Penuntut Umum mengikuti semua proses penyidikan hingga menuntut para tersangka perkara tindak pidana kebakaran Gedung Utama Kejagung.

Jaksa Agung Muda bidang Pidana Umum Fadhil Zumhana menjelaskan penunjukan tujuh JPU itu dilakukan sejak penyidik Bareskrim Polri mengirim Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) terkait perkara tindak pidana kebakaran Gedung Utama Kejagung.

Menurut Fadhil, tujuh JPU tersebut tidak hanya ditugaskan menuntut tetapi juga meneliti berkas perkara yang akan dikirimkan Bareskrim Polri ke Kejagung.

"Nanti kan bakal dicek syarat formil dan materilnya sudah lengkap atau belum. Makanya kita ini terus koordinasi untuk memberikan petunjuk," tutur Fadhil, Rabu (21/10/2020).

Fadhil memastikan para tersangka bakal dijerat dengan Pasal 188 KUHP. Pasal itu berbunyi "barang siapa karena kesalahan atau kealpaan menyebabkan kebakaran, ledakan atau banjir, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun."

"Jadi tidak ada kebakaran itu kesengajaan, tetapi kealpaan. Ini berdasarkan alat bukti dari penyidik Bareskrim Polri," katanya. 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jaksa bareskrim Kejaksaan Agung
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top