Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenag: Rajin Salat Bisa Dukung Perilaku Hidup Bersih Sehat

Kemenag sudah mengeluarkan surat edaran untuk mematuhi protokol kesehatan, mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  12:21 WIB
Cuci tangan - Msutoday
Cuci tangan - Msutoday

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Kementerian Agama  (Kemenag) telah mengimbau seluruh pondok pesantren dan pendidikan berbasis agama lainnya untuk menyiapkan sarana dan prasarana cuci tangan.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Waryono mengatakan bahwa di pondok pesantren, Kemenag sudah mengeluarkan surat edaran untuk mematuhi protokol kesehatan, mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

“Untuk memenuhi protokol kesehatan, Kemenag juga sudah memberikan bantuan operasional ke ponpes untuk menanggulangi Covid-19. Dengan BOP tersebut sekarang kita dapati di depan tempat salat bukan hanya tempat wudhu tapi juga tempat cuci tangan dengan sabun dan ada hand sanitizer,” kata Waryono dalam peringatan hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Kamis (15/10/2020).

Selain itu, seluruh masjid juga diimbau untuk tetap menerapkan jaga jarak.

“Jadi, kalau dulu luruskan dan rapatkan shaf salat, sekarang semua diminta menjaga jarak dan pakai masker,” lanjutnya.

Kemudian, karena sebelum salat orang harus berwudhu, Waryono mengatakan bahwa dengan rajin salat tangan akan selalu bersih.

“Kalau salatnya ditambah salat sunnah, tangan kita tambah bersih. Makanya, meskipun ada beberapa pesantren yang juga terdampak Covid-19, tapi dilihat dari 29.644 pesantren yang ada kedisiplinannya tinggi, sehingga bisa terhindar dari penularan Virus Corona,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian agama Covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top