Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

RI Tuan Rumah GPDRR 2022, Kepala BNPB: Sebelumnya Hanya di Swiss

Doni Monardo mengklaim kepercayaan itu jadi bukti bahwa pemerintah Indonesia menunjukan kinerja yang baik dalam menangani bencana.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  12:08 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengikuti rapat kerja bersama Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Rapat kerja tersebut membahas pembicaraan pendahuluan RAPBN Tahun Anggaran 2021, RKP 2021 dan evaluasi kinerja BNPB tahun 2020. ANTARA FOTO - Puspa Perwitasari
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengikuti rapat kerja bersama Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Rapat kerja tersebut membahas pembicaraan pendahuluan RAPBN Tahun Anggaran 2021, RKP 2021 dan evaluasi kinerja BNPB tahun 2020. ANTARA FOTO - Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan menjadi tuan rumah Global Platform for Disaster Risk Reduction pada 2022 adalah sebuah kebanggaan. Pasalnya, selama ini PBB hanya menyelenggarakan konferensi internasional tersebut di Swiss.

“Ini yang kita jadikan sebuah kebanggaan bahwa bangsa kita diberikan kepercayaan,” kata Doni usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Kamis (15/10/2020).

Doni mengklaim kepercayaan itu juga bukti bahwa pemerintah Indonesia menunjukan kinerja yang baik dalam menangani bencana. Seperti diketahui, Bank Dunia menggolongkan Indonesia ke dalam 35 negara dengan risiko tinggi terjadinya korban jiwa akibat bencana.

Doni menceritakan bahwa pada awalnya tim dari PBB menawarkan Indonesia menjadi tuan rumah saat berkunjung ke Jakarta pada tahun lalu

Presiden Jokowi menyambut baik hal tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan keputusan PBB menjadikan Indonesia sebagai tempat penyelenggaraan GPDRR 2022.

GPDRR merupakan acara yang diinsiasi oleh PBB dan berlangsung setiap dua tahun sekali. Tujuan utamanya adalah meninjau dan mendiskusikan berbagai perkembangan dan tren teranyar dalam penanganan bencana.

Presiden Jokowi dalam pembukaan rapat mengatakan bahwa forum tersebut akan menegaskan peran dalam pengurangan risiko bencana dunia.

“Penegasan peran Indonesia dalam pengurangan risiko bencana di dunia,” katanya.

Sementara itu, sebelumnya, Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Wisnu Widjaja menjelaskan kegiatan yang akan diselenggarakan pada 23 - 28 Mei 2022 ini akan dilengkapi dengan fasilitas dan protokol kesehatan yang mampu mengakomodir kebutuhan pengendalian Covid-19.

Nusa Dua, Bali akan menjadi tempat penyelenggaraan GPDRR karena lokasi ini merupakan kawasan yang memiliki sertifikat aman bencana dan operation center sehingga dikenal sebagai kawasan pariwisata yang aman bencana.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bencana bnpb Doni Monardo
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top