Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemensos Jadi Kementerian dengan Penyerapan Anggaran Terbesar Tahun Ini

Menurut Menteri Sosial Juliari P. Batubara, kementerian yang dia pimpin saat ini tercatat sebagai kementerian dengan anggaran belanja terbesar senilai Rp134,008 triliun.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 10 Oktober 2020  |  09:12 WIB
Gedung Kemensos - Setkab.go.id
Gedung Kemensos - Setkab.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Sosial berhasil menduduki peringkat pertama kementerian/lembaga dengan penyerapan anggaran terbesar.

Menurut Menteri Sosial Juliari P. Batubara, kementerian yang dia pimpin saat ini tercatat sebagai kementerian dengan anggaran belanja terbesar senilai Rp134,008 triliun. Dia menjelaskan anggaran Kemensos terus meningkat sejalan dengan tugas penanganan dampak pandemi Covid-19, di bidang jaring pengaman sosial (JPS).

"Dari pagu indikatif sebesar Rp62,7 triliun, terus mengalami peningkatan menjadi Rp104,4 triliun, Rp124 triliun, dan yang terkini anggaran Kemensos sebesar Rp134,008 triliun atau terbesar dari seluruh kementerian/lembaga" katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Sabtu (10/10/2020).

Kendati besar dan terus meningkat, penyerapan anggaran Kemensos menduduki nomer satu. Di lain pihak, tata kelola anggaran Kemensos juga memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), sebanyak empat kali berturut-turut.

Pada kesempatan yang sama, Juliari juga mengungkapkan apresiasinya kepada segenap jajaran Kemensos yang telah bekerja keras dalam mempercepat penyerapan anggaran, sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo.

“Saya mendorong agar kinerja ini tetap konsisten hingga akhir tahun,” tegasnya.

Di lain pihak, Juliari menyebut tugas bidang JPS dalam bentuk bantuan sosial itu juga harus bisa sampai kepada masyarakat terdampak, dalam waktu segera.

Karena tak dapat dipungkiri pandemi Covid-19 membuat jutaan orang kesulitan memenuhi kebutuhan hidup akibat lapangan pekerjaannya yang tidak bisa bertahan.

“Kita tidak menyangka di tahun 2020 ini, ada bencana dahsyat dimana peran Kemensos sangat fundamental dalam hal perlindungan sosial terhadap masyarakat,” tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn kemensos
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top