Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Medio Oktober, PM Jepang Yoshihide Suga Akan Kunjungi Indonesia

Vietnam dan Indonesia juga menjadi tujuan luar negeri pertama bagi mantan Perdana Menteri Shinzo Abe setelah dia menjabat untuk kedua kalinya pada Desember 2012.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 30 September 2020  |  11:50 WIB
Mantan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga yang kini menjadi Perdana Menteri Jepang. - Bloomberg
Mantan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga yang kini menjadi Perdana Menteri Jepang. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga berencana mengunjungi Vietnam dan Indonesia sekitar pertengahan Oktober dalam perjalanan resmi luar negeri pertamanya sejak menjabat awal bulan ini.

Jika perjalanan dilanjutkan, kata sumber di pemerintahan Jepang seperti dikutip dari kantor berita Kyodo, Rabu (30/9/2020), Suga diharapkan bisa melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc dan Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo.

Suga akan membuat keputusan akhir tentang apakah dirinya akan bepergian setelah memeriksa situasi virus korona di Jepang dan di dua negara Asia Tenggara di mana penyebaran infeksi relatif stabil.

Rencana untuk mengunjungi anggota Aesan muncul karena Jepang berusaha untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara di kawasan itu di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan mitra dagang terbesarnya China, karena masalah perdagangan, keamanan, dan masalah lainnya.

Di tengah permasalahan itu, Beijing bertujuan meningkatkan pengaruhnya di antara anggota Asean, tetapi beberapa di antaranya makin berselisih dengan China mengenai yurisdiksi di Laut China Selatan, sedangkan yang lain memandang pendekatan garis keras Beijing ke Taiwan sebagai masalah.

Vietnam dan Indonesia juga menjadi tujuan luar negeri pertama bagi mantan Perdana Menteri Shinzo Abe setelah dia menjabat untuk kedua kalinya pada Desember 2012.

Abe berupaya meningkatkan hubungan ekonomi dan keamanan yang lebih dekat dan Suga diharapkan untuk mengikutinya setelah berjanji untuk meneruskan kebijakan pendahulunya.

Setelah menjadi perdana menteri pada 16 September, Suga telah mengadakan pembicaraan telepon bilateral dengan negara-negara termasuk Amerika Serikat, Korea Selatan, China, dan Rusia, tetapi juga berusaha untuk bertemu para pemimpin secara langsung.

Dikenal karena hubungan persahabatan mereka dengan Tokyo, Vietnam adalah menjabat sebagai Ketua Asean tahun ini, dan Indonesia adalah anggota Kelompok 20 ekonomi utama.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top