Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengenal Kakek Sugiono, Sosok yang Disandingkan Wapres Ma'ruf Amin

Foto Shiego Tokuda alias Kakek Sugiono disandingkan dengan Wakil Presiden Ma`ruf Amin oleh seorang pengguna Facebook. Lalu, siapakah sosok ini?
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 29 September 2020  |  20:34 WIB
Media sosial - Istimewa
Media sosial - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Foto Shiego Tokuda alias Kakek Sugiono disandingkan dengan Wakil Presiden Ma`ruf Amin oleh satu satu pengguna Facebook. Lalu, siapakah sosok ini?

Lahir pada 1934, bintang film panas Shigeo Tokuda telah membintangi setidaknya 400 lebih film. Peran itu telah dilakoni sejak meninggalkan pekerjaan awalnya di biro perjalanan berbasis di Tokyo pada 2004.

Tak pernah terbayangkan dibenaknya bahwa pada usia sepuh, dia akan menjadi pemain film dewasa. Karir itu bermula saat Tokuda iseng pergi ke salah satu perusahaan yang memproduksi film dewasa.

Saat wawancara dengan South China Morning Post pada 2017, Shigeo Tokuda bertolak ke perusahaan tersebut untuk mencari satu judul film yang diinginkannya. Setiba di lokasi itu, salah satu sutradara menawarinya menjadi aktor film panas.

Tokuda semula menolak tawaran itu. Dia malah meminta sang produser mengizinkannya menyaksikan langsung adegan panas yang sedang direkam. Niatan itu dilarang. Sebab hal itu akan membuat para pemain merasa tidak nyaman.

Dari situ, dia menyadari bahwa para artis film dewasa adalah pekerja keras, dan bekerja secara profesional. Dari sini dia mulai mempertimbangkan kembali tawaran itu.

“Ketika saya mulai, saya baru berusia 59 tahun. Jadi saya tidak benar-benar berperan untuk orang yang lebih tua,” katanya.

Meski mengaku tidak benar-benar tua pada saat memulai karir sebagai bintang porno, pria 86 tahun itu memegang rekor sebagai bintang film dewasa pria tertua di dunia oleh Guiness World Records.

Umumnya film yang dibintangi Tokuda mengundang penonton berusia setengah baya atau lebih tua. Kebanyakan adalah pria. Pun begitu, lawan mainnya cukup beragam mulai dari usia muda hingga berumur 30 bahkan 50 tahun ke atas.

Dalam bermain peran, Tokuda mengaku lebih nyaman dengan partner usia pertengahan sekitar 30 - 50. Dia lebih mudah bercengkrama dengan lawan main di usia tersebut dibandingkan seorang gadis.

Meski hampir berusia 90 tahun, Tokuda bertekat akan terus melakukan pekerjaan tersebut selama dia masih mampu atau karyanya dihargai oleh perusahaan.

Dibalik terkenalnya Tokuda, dia telah memiliki seorang istri dan dua anak. Meski di industri itu namanya cukup terkenal, sosok itu memastikan bahwa anaknya tak tahu profesi yang tengah dijalani. Hal ini berkat nama samaran yang digunakannya kini sebagai aktor film dewasa.

Jepang adalah salah satu negara yang melegalkan penjualan film dewasa. Indutri film ini diperkirakan telah ada sejak 1960-an dan kian tumbuh hingga kini. Bahkan film dewasa ala Jepang menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar di Negeri Sakura.

Tokuda tak sendiri. ratusan bahkan ribuan orang di Jepang terlibat dalam industri panas tersebut.

Kakek Sugiono

Entah siapa yang menamakan Tokuda dengan panggilan Kakek Sugiono di Indonesia. Namanya kerap menjadi bahan dalam sejumlah meme di media sosial tanah air. Selain Kakek Sugiono, dia juga kerap disebut sebagai 'Kakek Legend' oleh warganet.

Youtuber bernama Dian sempat membuat konten video terkait Kakek Sugiono di Jepang pada 2019. Pemilik akun Neo Japan itu iseng menanyakan kepada warga Jepang secara acak tentang Kakek Legend ini.

Dian menyertakan foto Kakek Sugiono saat bertanya ke sejumlah orang. Hasilnya, hanya sedikit yang mengetahui bahwa Tokuda adalah artis panas di Jepang namun terkenal di Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film wapres ma'ruf amin
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top