Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Pelanggaran, Mendagri Usul Peserta Pilkada dan Parpol Buat Pakta Integritas

Mendagri Tito Karnavian mengusulkan agar peserta Pilkada 2020 dan Parpol pengusung untuk membuat pakta integritas.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 08 September 2020  |  20:40 WIB
Mendagri Tito Karnavian - Antara/Boyke Ledy Watra
Mendagri Tito Karnavian - Antara/Boyke Ledy Watra

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan mengusulkan agar seluruh peserta Pilkada 2020 dan partai pengusung untuk membuat dan menandatangani pakta integritas guna mencegah terjadinya pelanggaran selama tahapan Pilkada 2020 berlangsung.

"Pakta integritas ini isunya bukan hanya siap menang siap kalah, tapi juga patuh pada semua ketentuan atau aturan Pilkada, patuh kepada Undang-Undang, dan patuh melaksanakan protokol kesehatan," kata Tito dalam keterangan resmi, Selasa (8/9/2020).

Lebih lanjut, dia menyatakan pihaknya turut menyoroti pelanggaran pelaksanaan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan, misalnya adanya kerumunan massa pendukung paslon Kepala Daerah saat periode pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Tito pun memastikan telah melayangkan surat teguran kepada 53 bakal calon pasangan petahana yang kedapatan melanggar protokol kesehatan saat proses menuju Pilkada 2020.

Selain itu, guna mengawal kontestasi politik akbar ini, Mendagri meminta kepada semua pemangku kepentingan terkait Pilkada di tingkat daerah untuk berkoordinasi melalui rapat bersama dan menyampaikan semua Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) kepada parpol dan peserta Pilkada 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu mendagri Pilkada 2020
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top