Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pebisnis Indonesia Bakal Bangun Pabrik Tempe di Amerika Serikat

Indonesia juga tengah menjajaki kerja sama dengan pemerintah daerah Greensburg, Indiana, Amerika Serikat, untuk pembudidayaan kedelai.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 28 Agustus 2020  |  16:50 WIB
Ilustrasi - Pekerja menyortir kedelai yang baru tiba di gudang penyimpanan di Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu (19/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi - Pekerja menyortir kedelai yang baru tiba di gudang penyimpanan di Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu (19/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia tengah menjajaki kerja sama dengan pemerintah daerah Greensburg, Indiana, Amerika Serikat, untuk pembudidayaan kedelai. Bahkan, salah seorang pengusaha kuliner asal Indonesia tengah menjajaki pembangunan pabrik tempe.

Konsul Jenderal RI Chicago Meri Binsar Simorangkir mengatakan kerja sama tersebut antara lain dalam hal pengembangbiakan bibit kedelai unggul dan peningkatan kerja sama ekspor kedelai.

Hal ini terwujud setelah pertemuan perwakilannya di Chicago dalam temu bisnis di kota Greensburg, Indiana, dalam rangka mempromosikan potensi kerja sama bidang perdagangan, investasi dan pariwisata pada Senin (24/8/2020).

"Selain itu, kerja sama teknik berupa program pemagangan bagi pemuda Indonesia untuk belajar pola penanaman, pengelolaan panen hingga cara memproduksi produk-produk berbasis kedelai yang berkualitas," katanya seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (28/8/2020).

Acara temu bisnis ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Greensburg, Joshua Marsh, dan para pebisnis dari  kamar dagang dan industri serta asosiasi pengusaha kedelai, dan asosiasi eksportir yang bernaung di kawasan Midwest Amerika Serikat.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk lebih meningkatkan lagi kerja sama Indonesia dengan Indiana," ujarnya.

Indiana dipilih karena merupakan salah satu sentra produksi utama AS di bidang pertanian. Salah satu produk unggulan dari Indiana adalah kedelai berkualitas premium, yang didukung oleh bibit dan penguasaan teknologi pertanian yang maju. 

Untuk itu, Indiana dinilai sangat potensial untuk menjadi mitra Indonesia dalam transfer teknologi produksi kedelai, pengembangan kerja sama teknik, berbagi pengalaman dan penerapannya.

Wali Kota Marsh menyampaikan apresiasi dan tanggapan positif potensi kerja sama dengan Indonesia tersebut, serta menawarkan pembentukan kerja sama sister city antara kota Greensburg dengan kota serupa di Indonesia.

Marsh juga mengungkapkan keinginannya dan pebisnis terkait untuk melakukan kunjungan ke sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia, guna merealisasikan kerja sama sister city tersebut sekaligus mendorong peningkatan kerja sama antara kedua kota.

Selain promosi kerja sama, KJRI Chicago juga mendukung kiprah diaspora Indonesia di Greensburg, Mayasari Effendi yang berencana mendirikan pabrik tempe skala besar pertama di kawasan Midwest. 

Mayasari merupakan pemilik restoran Mayasari Indonesian Grill miliknya, khususnya menu makanan tempe dengan berbagai variasi hidangan. Lahan dan peralatan pabriknya telah siap, serta diperkirakan dapat beroperasi penuh pada awal 2021. 

Targetnya, pabrik tersebut dapat memproduksi 1,6 juta bungkus setiap pekan. Pendirian pabrik ini dilatar belakangi meningkatnya konsumsi tempe warga AS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat kedelai chicago tempe
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top