Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 ABK Perintis Maju Ditemukan di Karimunjawa dalam Keadaan Selamat

KM Perintis Maju tersebut, berangkat dari Pelabuhan Tegal untuk mencari cumi pada 11 Agustus 2020 pukul 23.00 WIB.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Agustus 2020  |  21:21 WIB
Kapal Motor Perintis Maju yang ditarik oleh kapal nelayan di Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Kamis (20/8/2020)./ANTARA - HO/Kades Parang
Kapal Motor Perintis Maju yang ditarik oleh kapal nelayan di Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Kamis (20/8/2020)./ANTARA - HO/Kades Parang

Bisnis.com, JEPARA — Sebanyak 10 anak buah kapal KM Perintis Maju yang hendak melaut untuk menangkap cumi ditemukan di Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, dalam kondisi selamat, setelah mesin kapal mati dan terombang-ambing selama beberapa hari di laut.

"KM Perintis Maju tersebut, berangkat dari Pelabuhan Tegal untuk mencari cumi pada 11 Agustus 2020 pukul 23.00 WIB," kata Kepala Desa Parang Muh Zaenal Arifin, Kamis (20/8/2020).

Setelah menempuh perjalanan di laut, kata dia, tiba-tiba mesin kapal induk mati, kemudian kapal hanyut mengikuti arus air.

Kapal yang mengangkut 10 ABK tersebut, kemudian terdampar di karang selatan Pulau Nyamuk, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara pada Kamis (20/8) pada pukul 00.25 WIB.

Salah satu ABK, kata dia, mengabarkan kondisinya itu kepada temannya dan memberi informasi ke salah satu warga Desa Parang, Kecamatan Karimunjawa, Jepara.

Atas informasi tersebut, kemudian diteruskan kepada warga yang lain untuk dilakukan pencarian kapal yang mesinnya mati tersebut.

"Sepuluh ABK ditemukan pada pukul 07.30 WIB dalam kondisi selamat dan tidak ada yang cedera," ujarnya.

Kemudian, kata dia, ABK tersebut dibawa ke Desa Parang, sedangkan kapalnya ditarik hingga ke Pelabuhan Desa Parang pada pukul 11.23 WIB.

Zaenal mengungkapkan bahwa para ABK tersebut sebagian besar berasal dari Indramayu dan dua orang dari Cirebon, Jawa Barat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nelayan kapal ikan

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top