Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Cuma di Baltimore, Ini Deretan Peristiwa Kapal Tabrak Jembatan yang Makan Korban Jiwa

Deretan peristiwa kapal tabrak jembatan hingga makan korban jiwa, bukan hanya di Baltimore
Bukan Cuma di Baltimore, Ini Deretan Peristiwa Kapal Tabrak Jembatan yang Makan Korban Jiwa/Reuters
Bukan Cuma di Baltimore, Ini Deretan Peristiwa Kapal Tabrak Jembatan yang Makan Korban Jiwa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah kapal kontainer menabrak jembatan Francis Scott Key di atas Sungai Patapsco di Baltimore sehingga membuat jembatan itu ambruk.

Kapal Dali menabrak pilar penyangga sekitar pukul 01.30 waktu setempat.

Kapal Dali dilaporkan “kehilangan tenaga penggerak” saat meninggalkan pelabuhan, dan awak kapal memperingatkan pejabat Maryland bahwa mereka telah kehilangan kendali atas kapal kontainer tersebut.

Rekaman mengerikan memperlihatkan jembatan itu runtuh ke dalam air yang dingin.

Ini bukan merupakan kejadian pertama kapal menabrak jembatan.

Ada beberapa peristiwa serupa dimana kapal menabrak jembatan bahkan memakan korban jiwa.

Dilansir dari the independent, dari tahun 1960 hingga 2015, telah terjadi 35 jembatan besar runtuh di seluruh dunia akibat tabrakan kapal atau tongkang, dengan total 342 orang tewas, menurut laporan tahun 2018 dari Asosiasi Infrastruktur Transportasi Air Dunia.

Delapan belas di antaranya terjadi di Amerika Serikat.

Daftar peristiwa kapal atau tongkang yang menabrak jembatan di AS:

1. JEMBATAN FERI POPP

20 Maret 2009: Sebuah kapal yang mendorong delapan tongkang menabrak Jembatan Feri Popp di Biloxi, Mississippi, mengakibatkan bagian jembatan sepanjang 150 kaki itu runtuh ke teluk.

2. QUEEN ISABELLA CAUSEWAY

15 September 2001: Sebuah kapal tunda dan tongkang menghantam Queen Isabella Causeway di Port Isabel, Texas, menyebabkan bagian tengah jembatan terjungkal 80 kaki ke teluk di bawahnya. Delapan orang tewas setelah pengendara masuk ke dalam lubang.

3. BIG BAYOU CANOT

22 September 1993: Tongkang yang didorong oleh kapal penarik dalam kabut tebal menghantam dan menggusur jembatan kereta api Big Bayou Canot dekat Mobile, Alabama. Beberapa menit kemudian, sebuah kereta Amtrak dengan 220 orang di dalamnya mencapai jembatan yang terlantar dan tergelincir, menewaskan 47 orang dan melukai 103 orang.

4. SEEBER BRIDGE

28 Mei 1993: Kapal penarik Chris, mendorong tongkang hopper DM3021 yang kosong, menabrak tingkat dukungan Jembatan Hakim William Seeber di New Orleans. Dua bentang dan bengkokan dua kolom runtuh menimpa tongkang. Dua mobil yang membawa tiga orang terjatuh bersama dek jembatan empat jalur ke dalam kanal. Satu orang meninggal dunia dan dua orang luka berat.

5. JEMBATAN EADS

14 April 1998: Derek Anne Holly yang melewati Pelabuhan St. Louis menabrak bagian tengah Jembatan Eads. Delapan tongkang memisahkan diri. Tiga di antaranya menabrak kapal judi yang tertambat permanen di bawah jembatan. Lima puluh orang menderita luka ringan.

6. JEMBATAN SUNSHINE SKYWAY

9 Mei 1980: Kapal barang Summit Venture setinggi 609 kaki sedang berlayar melalui jalur pelayaran yang sempit dan berkelok-kelok di Teluk Tampa Florida ketika badai tiba-tiba yang membutakan melumpuhkan radar kapal.

Kapal tersebut melepaskan dukungan dari Sunshine Skyway Bridge, menjatuhkan bagian jalan beton sepanjang 1.400 kaki pada jam sibuk pagi hari. Tujuh kendaraan, termasuk sebuah bus dengan 26 penumpang, jatuh 150 kaki ke dalam air. Tiga puluh lima orang tewas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper