Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang Iduladha, Ini Tips Memilih Kambing untuk Kurban

Sebelum membeli kambing sebagai hewan kurban, Kementan mengimbau masyarakat untuk memperhatikan sejumlah hal terlebih dulu, utamanya adalah memeriksa fisik kambing.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  16:37 WIB
Pedagang dan pembeli kambing bertransaksi di pasar hewan Kranggan, Temanggung, Jateng, Senin (28/8). - ANTARA/Anis Efizudin
Pedagang dan pembeli kambing bertransaksi di pasar hewan Kranggan, Temanggung, Jateng, Senin (28/8). - ANTARA/Anis Efizudin

Bisnis.com, JAKARTA - Seluruh masyarakat muslim akan merayakan Iduladha yang jatuh pada 31 Juli 2020. Dengan demikian, masih ada waktu jika masyarakat ingin membeli hewan untuk dikurbankan, khususnya kambing.

Namun, bagi masyarakat awam, tidak mudah untuk mengetahui ciri-ciri kambing sehat dan berkualitas untuk dijadikan hewan kurban

Kementerian Pertanian memberikan beberapa tips untuk memilih kambing atau domba yang baik dan sehat untuk hewan kurban yang diunggah melalui akun Twitter @kementan pada Kamis (30/7/2020).

Tips yang pertama ialah memperhatikan fisik dari kambing yang akan dipilih sebagai hewan kurban. Kambing atau domba yang bagus memiliki fisik sehat dan gemuk, terlihat juga dari matanya yang cerah dan tajam

Kedua, mengecek bulu kambing. Kementan mengatakan bulu kambing atau domba yang sehat cenderung lembab atau tidak kering.

Ketiga, nafsu makan. Kambing atau domba yang sehat akan memiliki nafsu makan yang baik. Keempat, mengecek usia kambing yang akan dijadikan hewan kurban. 
Umur kambing atau domba yang layak dikurbankan adalah 1 - 2 tahun dan dapat ditaksir lewat gigi seri depannya.

Terakhir, memeriksa tanduknya. Masyarakat diimbau untuk menghindari memilih kambing atau domba dengan tanduk yang tidak utuh.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementan menyatakan bahwa jumlah hewan kurban pada tahun ini hanya mencapai 1.802.651 ekor atau turun sekitar 3,5 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Adapun, perincian dari ternak kurban tersebut adalah sapi 541.568 ekor, kerbau 15.653, kambing 853.212, dan domba 392.185.

Meski mengalami penurunan, tetapi Kementan memastikan bahwa stok hewan kurban lokal masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementan hewan kurban iduladha
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top