Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wakil Wali Kota Solo Positif Corona, Pejabat dan Wartawan Lakukan Tes Swab

Saat melakukn tes pertama virus corona, Wakil Wali (Wawali) Kota Solo, Achmad Purnomo dinyatakan negatif, tetapi tes kedua menunjukkan positif dan tanpa gejala.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 25 Juli 2020  |  09:37 WIB
Tes swab untuk memeriksa virus corona (Covid-19) di rongga hidung. - istimewa
Tes swab untuk memeriksa virus corona (Covid-19) di rongga hidung. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Wali (Wawali) Kota Solo, Achmad Purnomo positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Kini orang-orang yang melakukan kontak dengannya, termasuk wartawan akan melakukan tes swab.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani menuturkan  bahwa pejabat Pemkot, legislator DPRD, dan wartawan di Solo akan menjalani uji swab karena menjadi kontak erat Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo. Mereka segera diuji swab secara Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). menjadi salah satu yang diuji swab.

“Ajudan, staf, dan sopir Wakil Wali Kota juga termasuk. Utamanya yang satu gedung dengan beliau, termasuk saya dan Pak Wali Kota [FX Hadi Rudyatmo]," kataAhyani, Jumat (24/7/2020) malam.

Ahyani mengungkapkan tes swab dilakukan untuk keperluan tracing. Ini bisa juga merambah ke kontak sosial Wawali Solo Achmad Purnomo yang positif corona. Selain itu juga kontak bisnis karena Purnomo tidak berhenti berkegiatan. "Sepertinya Pak Wakil [Wawali] masuk asimtomatik [tanpa gejala]. Doakan semoga lekas sembuh,” kata Ahyani.

Sebagaimana diberitakan, kabar Wawali Solo Achmad Purnomo positif Covid-19 sempat membuat gempar banyak kalangan, terutama mereka yang sempat bertemu langsung dalam beberapa hari terakhir.

Purnomo pada pekan lalu sempat melakukan perjalanan ke Jakarta dan bahkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Kepergiannya ke Jakarta hampir bersamaan dengan pengumuman rekomendasi cawali-cawawali Pilkada Solo dari DPP PDIP.

Perjalanan Ke Zona Merah

Pengumuman rekomendasi itu disampaikan secara daring via Zoom dan disaksikan bersama di Panti Marhaen, Semarang, Jumat (17/7/2020). Karena melakukan perjalanan ke zona merah, sepulang dari Jakarta Purnomo menjalani swab test.

Tes pertama dinyatakan negatif, tetapi saat melakukan tes kedua ternyata positif Covid-19. Dua hari sebelum diketahui positif corona, tepatnya pada Rabu (22/7/2020), Wawali Solo itu sempat mengikuti kegiatan rapat paripurna di Gedung DPRD Solo.

Saat itu, Purnomo melakukan pertemuan dengan anggota DPRD Solo serta sejumlah pejabat Pemkot Solo lainnya. Acara tersebut juga dihadiri oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Sementara itu meski positif Covid-19, Achmad Purnomo dalam keadaan sehat alias tanpa gejala.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

solo Virus Corona wali kota solo covid-19

Sumber : Solopos

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top