Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riset: Sembilan dari 10 Pasien Covid-19 Italia Meninggal Dunia

Rasio kematian akibat infeksi virus Corona di Italia hampir mendekati angka 90 persen.
Ilustrasi/Virus Corona (Covid-19)
Ilustrasi/Virus Corona (Covid-19)

Bisnis.com, ROMA - Virus Corona jenis baru menjadi virus paling mematikan di Italia. 

Virus corona jenis baru ini ditengarai menjadi penyebab langsung kematian sembilan dari 10 pasien Covid-19 Italia. Hal itu terungkap dalam sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan pada Kamis (16/7/2020).

Hasil penelitian yang diterbitkan oleh Superior Health Institute and National Statistics Institute ISTAT itu menunjukkan bahwa virus Corona merupakan penyebab langsung kematian pada 89 persen dari 4.942 korban COVID-19, yang dijadikan sampel.

Sebesar 11 persen sisanya merupakan pengidap virus Corona namun mereka meninggal karena hasil langsung dari penyakit-penyakit lain yang mereka derita, termasuk kanker hati dan dementia.

Namun, virus Corona disebutkan kemungkinan telah memperparah kondisi kesehatan pasien-pasien seperti itu dan mempercepat kematian mereka.

Penelitian tersebut didasarkan pada laporan kematian pada akhir Mei, yaitu ketika Italia melonggarkan aturan karantina wilayah yang ketat.

Menurut pengamatan, 79 persen orang yang meninggal mengidap pneumonia dan kematian mereka disebabkan langsung oleh virus Corona.

Komplikasi seperti itu adalah kondisi yang paling umum dialami oleh pasien-pasien Covid-19, diikuti dengan berbagai penyakit pernapasan lainnya.

Laporan itu menunjukkan bahwa Ccovid-19 juga membunuh para pasien yang tidak memiliki penyakit lain.

"Dalam 28,2 persen kasus yang dianalisis, tidak ada penyebab lain pada kematian mereka," ungkap laporan tersebut, seperti dikutip Antara, Jumat (17/7/2020).

Sejak virus Corona muncul pertama kali di Italia pada Februari, negara itu mencatat sudah sekitar 35.000 orang yang meninggal akibat Covid-19.

Namun, otoritas kesehatan mengatakan banyak dari pasien kehilangan nyawa karena menderita penyakit-penyakit lain.

Pernyataan otoritas tersebut memicu perdebatan sengit soal apakah virus Corona sebetulnya merupakan penyebab langsung kematian pasien Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper