Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Kenya Tunda Pembukaan Sekolah Hingga Januari 2021

Penundaan pembukaan kegiatan belajar mengajar di sekolah merupakan upaya pemerintah menyelaraskan kondisi sektor pendidikan dengan upaya di sektor kesehatan.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 07 Juli 2020  |  19:25 WIB
Ilustrasi sekolah di Kenya. Istimewa
Ilustrasi sekolah di Kenya. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kenya resmi mengumumkan penundaan terhadap rencana mereka untuk membuka kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah pada September 2020. Rencana tersebut, kata Sekretaris Negara Bidang Pendidikan George Magoha bakal ditunda setidaknya sampai Januari 2021.

"Sisa kalender pendidikan tahun ini, karena Covid-19, anggap saja hilang. Para murid akan tetap belajar di rumah untuk bersiap-siap melakukan ujian [secara fisik] yang akan digelar tahun depan," papar Magoha dikutip dari Bloomberg, Selasa (7/7/2020).

Penundaan ini merupakan upaya pemerintah menyelaraskan langkah di bidang pendidikan dengan kebijakan di bidang kesehatan.

Pemerintah berkata bahwa sejauh ini mereka telah melakukan tes terhadap 200.000 orang dengan 8 persen di antaranya teridentifikasi positif Covid-19.

Jangkauan tersebut masih tergolong kecil bila menimbang jumlah penduduk Kenya telah menyentuh 51 juta jiwa. Oleh sebab itu, pemerintah berjanji bakal terus meningkatkan kemampuan tes massal di berbagai fasilitas kesehatan.

Bila mengacu data Johns Hopkins University per Selasa (7/7) sore, kasus terkonfirmasi di negara tersebut berada di angka 8.067, dengan 2.414 di antaranya telah sembuh dan 164 orang meninggal.

Dalam keterangan pers Senin (6/7), Presiden Kenya Uhuru Kenyatta sempat mengatakan bahwa sektor pendidikan adalah salah satu yang paling vital di negerinya. Untuk itu, pihaknya akan berhati-hati mengambil kebijakan kendati pemerintah telah membuka penerbangan domestik untuk sejumlah rute per pekan ini.

Dalam kesempatan yang sama, Kenyatta juga sempat mengatakan bahwa penerbangan internasional di Kenya ditargetkan bisa beroperasi mulai 1 Agustus 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan sekolah kenya

Sumber : Bloomberg

Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top