Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mendagri Minta Keterlibatan Seluruh Pihak Dongkrak Partisipasi Pemilih

Pemerintah optimistis partisipasi pemilih akan tetap tinggi pada Pilkada 2020 meski masih dalam masa pandemi Covid-19.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 03 Juli 2020  |  17:59 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai melakukan koordinasi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). ANTARA FOTO - Novrian Arbi
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai melakukan koordinasi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). ANTARA FOTO - Novrian Arbi

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta seluruh pihak yang terlibat dalam sosialisasi Pilkada serentak 2020 untuk mendongkrak partisipasi masyarakat.

"Kita ramai-ramai bantu untuk sosialisasi agar partisipasi masyarakat tinggi,” kata Tito saat melakukan kunjungan ke Sumatra Utara, Jumat (3/7/2020).

Adapun, partisipasi pemilih sempat menjadi perhatian saat pemerintah menetapkan bahwa Pilkada tetap berlangsung dan diundur menjadi 9 Desember 2020.

Kendati demikian, pemerintah optimistis partisipasi pemilih akan tetap tinggi meski masih dalam masa pandemi. Menurut Tito para calon kepala daerah juga dapat menjadikan penanganan Covid-19 sebagai isu sentral.

“Isu yang kita angkat isu sentralnya adalah mengenai masalah efektivitas kepala daerah dan daerah yang melakukan Pilkada ini dalam rangka menangani Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengapresiasi rapat koordinasi dalam rangka persiapan Pilkada. Kondisi ini menunjukkan kesiapan pemerintah pada pesta demokrasi lima bulan mendatang.

"Jadi kalau ada selama ini perdebatan-perdebatan apakah kita bisa melakukan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 dalam situasi pandemi ini kalau kita lihat dari pertemuan atau rapat koordinasi teknis ini kita optimis," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendagri Tito Karnavian Pilkada 2020 covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top