Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Belajar Luring dan Daring: Kemendikbud Siapkan Modul untuk Siswa

Modul-modul disiapkan untuk memudahkan siswa belajar tanpa kehadiran guru.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 24 Juni 2020  |  16:55 WIB
Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung. - Bisnis/Dea Andriyawan
Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung. - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, JAKARTA - Kemendikbud akan menyediakan modul-modul yang memudahkan siswa yang terpaksa belajar sendiri atau minim panduan dari guru.

Modul-modul tersebut akan dibuat menarik sehingga bisa mengurangi kebosanan anak.

"Ini tentunya bukan satu-satunya solusi, tetapi bagian dari upaya untuk membantu anak bisa belajar,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Kabalitbang dan Perbukuan) Totok Suprayitno melalui keterangan resminya, Rabu (24/6/2020).

Totok menyebutkan modul disiapkan dengan pendekatan project based learning atau activity based learning. Dengan begitu, siswa tidak hanya memahami konsep sebatas yang tertuang di buku teks."Tetapi dapat memandu anak bagaimana cara belajar dan memahaminya lebih mendalam” tambah Totok.

Kemendikbud akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk pendistribusian modul-modul cetak yang dapat membantu siswa yang harus belajar dari rumah, khusus untuk daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

Kemendikbud juga mendorong dilakukannya asesmen awal bagi siswa-siswi di masa tahun ajaran baru nanti. Dengan begitu, guru terbantu dalam mengetahui kondisi dan kemampuan belajar setiap siswa usai masa belajar dari rumah.

Hal ini penting untuk memitigasi melebarnya kesenjangan kemampuan siswa, khususnya antarkelompok sosial ekonomi maupun antardaerah.

“Panduan dan instrumennya sedang kami siapkan agar bisa digunakan guru melakukan asesmen,” ujar Totok.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendikbud siswa pembelajaran online
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top