Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alarm Bahaya, PBB: Yaman Catat Jumlah Kematian Pasien Corona 4 Kali Lipat Dari Rata-rata

Tingkat kematian kasus virus corona (Covid-19) di Yaman sangat tinggi, hampir empat kali lebih tinggi dari rata-rata dunia.
Penggali makam membuat kuburan baru seiring dengan jumlah kematian yang terus meningkat setelah penyebaran virus Covid-19, di tempat pemakaman Vila Formosa, pemakaman terbesar Brasil, di Sao Paulo, Kamis (2/4/2020)./Antara/Reuters
Penggali makam membuat kuburan baru seiring dengan jumlah kematian yang terus meningkat setelah penyebaran virus Covid-19, di tempat pemakaman Vila Formosa, pemakaman terbesar Brasil, di Sao Paulo, Kamis (2/4/2020)./Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Yaman telah mencatat jumlah kasus virus corona baru atau Covid-19 tertinggi dalam satu hari, ketika Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) memperingatkan kekhawatiran tingkat fatalitas di negara itu.

Dilansir dari Arab News, Rabu (17/6) komite virus corona nasional Yaman yang berbasis di Aden, melaporkan adanya 116 kasus baru dan 44 kasus kematian pada awal minggu ini. Totalnya, Yaman memiliki 844 kasus infeksi, 208 kematian, dan 79 kasus pasien sembuh.

Yaman mencatat kasus penyakit pandemi ini pertama kali pada 10 April. Ketika itu, pemerintah setempat langsung mengambil langkah cepat, termasuk memberlakukan jam malam, menutup sekolah, masjid, pasar, dan melarang pertemuan besar.

Wabah corona menyebar dengan cepat ke seluruh negara itu, mendatangkan malapetaka bagi kota-kota di Yaman, termasuk kota pelabuhan Aden, tempat ratusan orang terinfeksi dan belasan orang lainnya tewas.

Para ahli mengatakan bahwa laporan resmi dari negara masih menyembunyikan dampak sebenarnya dari pandemi. Pasalnya banyak warga Taman yang melakukan pengobatan sendiri untuk menghindari fasilitas medis yang penuh sesak akibat pandemi.

Pada Senin (15/6/2020) waktu setempat, kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengatakan bahwa tingkat kematian Covid-19 di Yaman sangat mengkhawatirkan dengan empat kali lipat lebih tinggi dari rata-rata global.

“Tingkat kematian keseluruhan kasus tetap sangat tinggi, hampir empat kali lebih tinggi dari rata-rata dunia. Semua indikasi menunjukkan bahwa Covid-19 menyebar dengan cepat di seluruh negeri,” tulis OCHA dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu juga menyebut individu yang simptomatik sering tidak melakukan tes atau perawatan hingga kondisinya menjadi serius, karena fasilitas kesehatan tidak dapat diakses atau terlalu penuh dengan pasien lain.

Alasan lain mengapa orang menunda mencari pengobatan adalah karena masih ada stigma buruk, kekhawatiran tentang keselamatan, dan risiko yang bisa didapatkan ketika mencari perawatan ke tempat-tempat publik.

Komite virus corona nasional yaman mengatakan angka resmi ini tidak termasuk provinsi pada penduduk di Yaman Utara, di mana Houthi yang didukung Iran telah menekan informasi tentang pandemi corona.

Para ahli kesehatan lokal dan internasional percaya bahwa jumlah kematian akibat virus corona di wilayah yang dikontrol Houthi itu jauh melebihi yang ada di wilayah pemerintahan.

Alabed Bamousa, anggota tim medis di provinsi tenggara Hadramout, mengatakan kepada Arab News bahwa sebagian besar pasien yang tiba di rumah sakit di kawasan itu berada dalam kondisi yang parah dan kritis.

“Kasus-kasusnya datang sangat terlambat di rumah sakit. Pasien tinggal di rumah sampai mereka merasa sekarat,” katanya. Hadramout, merupakan provinsi terbesar di Yaman yang menyumbang 50 persen kematian karena corona di negara tersebut.

Dia mengatakan bahwa langkah-langkah awal untuk memerangi wabah, termasuk mengisolasi pasien dan orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien, telah mendorong orang untuk menghindari rumah sakit dan meningkatkan stigma sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper