Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Tak Berangkatkan Jemaah Haji pada 2020

Pembatalan keberangkatan jemaah haji dengan pertimbangan menjaga nyawa lebih utama.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 02 Juni 2020  |  10:23 WIB
Umat Muslim mengelilingi Kabah di Mekah, Arab Saudi. - Bloomberg\n
Umat Muslim mengelilingi Kabah di Mekah, Arab Saudi. - Bloomberg\\n

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah membatalkan keberangkatan jemaah haji pada 2020 baik jemaah haji reguler, khusus, maupun panggilan dari Arab Saudi.

Menteri Agama Fachrul Razi menjelaskan pembatalan keberangkatan jemaah haji dengan pertimbangan menjaga nyawa lebih utama.

"Sampai saat ini belum ada keterangan dari Arab Saudi, sehingga kita tidak cukup waktu persiapan bila untuk pemberangkatan," jelasnya dalam live media sosial, Selasa (2/6/2020).

Dia menjelaskan bagi jemaah haji tahun ini bakal menjadi calon haji tahun depan. Sedangkan yang sudah melunasi bisa tetap dikelola pemerintah dan menerima manfaat, serta bisa diminta kembali.

Adapun petugas haji dinyatakan batal, Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang sudah dibayarkan akan dikembalikan.

Aroma gangguan pelaksanaan haji sejatinya mulai tercium pada 27 Februari 2020 saat Arab Saudi menutup pintu masuk bagi calon jemaah umrah. Saat itu Corona masih belum terdeteksi di Indonesia. Namun Saudi terang-terangan menuliskan bahwa beberapa negara termasuk Indonesia ditolak masuk untuk sementara waktu.

Indonesia mengirimkan ratusan ribu jemaah umrah ke Saudi tiap tahunnya. Sebelum musim haji 1440 H atau 2019, jemaah Indonesia yang berangkat umrah mencapai 974.000 orang, kedua terbanyak setelah Pakistan dengan 1,67 juta jemaah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji kemenag
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top