Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov lebih Baik dari Pemerintah Pusat soal Penanganan Covid-19

Pemerintah provinsi (pemprov) dinilai memiliki performa atau kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan pemerintah pusat dalam kegiatan penanggulangan pandemi Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  05:48 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi PT Bio Farma di Kota Bandung, Jumat (24/4/2020). - Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi PT Bio Farma di Kota Bandung, Jumat (24/4/2020). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah provinsi (pemprov) dinilai memiliki performa atau kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan pemerintah pusat dalam kegiatan penanggulangan pandemi Covid-19.

Hal itu tersirat dari Survei Roda Tiga Konsultan (RTK) yang menunjukkan mayoritas responden menilai kerja pemerintah provinsi terkait Covid-19 lebih baik ketimbang pemerintah pusat, dan kabupaten/kota. Pemerintah Provinsi mendapat tiga nilai lebih tinggi ketimbang pusat dan kabupaten/kota.

"Dari ketiga lapisan pemerintahan tersebut, kinerja pemerintah pusat dianggap relatif paling rendah (nilai rata-rata 6,78/10) dibanding pemerintah provinsi (nilai rata-rata 7,05/10) dan pemerintah kabupaten/kota (nilai rata-rata 6,99/10)," dikutip dari laporan survei RTK bertajuk Pandangan Masyarakat terhadap Penanganan Pandemi Covid-19, Selasa, 19 Mei 2020.

Sebanyak 76,7 persen responden mengaku belum pernah mendapat bantuan selama pandemi. Sebanyak 23,3 persen dari yang menjawab pernah menerima bantuan, 10 persen berasal dari bantuan pemerintah kabupaten/kota; 5,3 persen dari pusat, dan 3 persen dari provinsi. Paling besar menurut responden, bantuan berasal dari lembaga sosial sebesar 4,8 persen.

Kendati responden menyebut pemerintah provinsi paling sedikit memberi bantuan, namun kinerjanya dianggap paling baik. Hasil tersebut, menurut RTK, mungkin karena efek dari pemberitaan figur para gubernur dan kegiatannya yang mampu mengatasi minimnya bantuan dari pemerintah provinsi.

"Namun, kinerja pemerintah provinsi dianggap lebih baik daripada kinerja pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten/kota."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

provinsi Kabinet Jokowi covid-19

Sumber : Tempo.co

Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top