Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelombang Terakhir Pemulangan 238 ABK WNI dari Jerman Tiba Hari Ini

Gelombang terakhir pemulangan kru kapal pesiar AIDAbella dan AIDA blu akan tiba di Jakarta pada Senin (18/5/2020) sore. Sebanyak 238 ABK itu diberangkatkan dari Bandara Frankfurt Jerman pada 17 Mei 2020 dengan menggunakan pesawat carter Condor.
Kapal pesiar/cruiseandrail.net
Kapal pesiar/cruiseandrail.net

Bisnis.com, JAKARTA – Gelombang terakhir pemulangan kru kapal pesiar AIDAbella dan AIDA blu akan tiba di Jakarta pada Senin (18/5/2020) sore. Mereka diberangkatkan dari Bandara Frankfurt Jerman pada 17 Mei 2020 dengan menggunakan pesawat carter Condor.

Menurut Phlilipp Heidmann, Director Brand Emergency Response AIDA Cruises, gelombang terakhir pemulangan ini berjumlah 238 orang. Pemulangan ini juga merupakan repatriasi terakhir kru kapal AIDA ke Indonesia.

“Hari ini adalah gelombang pemulangan terakhir. Jumlah total kru dari Indonesia yang sudah direpatriasi selama pandemi Covid-19 ini sebanyak 718 kru”, katanya dikutip dari keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, Senin (18/5/2020).

Para kru yang dipulangkan pada hari Minggu ini tiba di pelabuhan Hamburg, Steinwerder Cruise Center pada Jumat pagi, 15 Mei 2020. Sebelumnya, mereka berlayar selama 10 hari dari Tenerife, Kepulauan Kanaria dekat Maroko.

Mereka telah berada di Tenerife selama sekitar 2 bulan. Dari pelabuhan Hamburg, mereka diberangkatkan dengan enam bis ke Bandara Frankfurt dini hari 17 Mei 2020.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno mengatakan, persiapan kepulangan para kru Kapal AIDA telah dikoordinasikan intensif oleh seluruh Perwakilan RI di Jerman. Koordinasi rencana pemulangan dengan pihak perusahaan serta otoritas terkait di Jerman dan di Indonesia dilakukan oleh KBRI Berlin.

Sementara itu, KJRI Frankfurt bertugas terutama untuk mengatur teknis repatriasi dengan otoritas terkait di Bandara Frankfurt. Adapun KJRI Hamburg mengkoordinasikan dengan pihak perusahaan untuk ketibaan para kru di pelabuhan Hamburg serta keberangkatan menuju Bandara Frankfurt.

“Alhamdulillah, koordinasi lancar. Masing-masing menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Ketiga Perwakilan juga melakukan pendampingan sejak kru diberangkatkan dari Hamburg sampai mereka diterbangkan ke Indonesia.”, ujarnya.

Dia menambahkan, hingga pemulangan terakhir pada hari Minggu ini, total WNI kru kapal pesiar Jerman yang sudah dipulangkan ke Indonesia berjumlah 1.694 orang.

Adapun para kru tiba dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno Hatta Jakarta pada Senin sore. Setibanya di Jakarta, mereka akan menjalani standar prosedur penanganan Covid-19 yang diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia. Setelah selesai dari prosedur ini mereka akan diterbangkan kota asal mereka, yakni Denpasar, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Bandar Lampung, dan Palembang.

Para kru merasa sangat gembira dapat pulang sebelum lebaran ini. Salah seorang kru, Kadek, menyebutkan ibunya selalu mengkhawatirkan kondisinya apalagi di masa pandemi ini. Tentunya dengan kepulangan ini bisa menjadi penawar kerisauan ibunya selama ini.

Sementara itu, Wibowo yang bertugas sebagai chef mengatakan kepulangan ini membuatnya merasa campur aduk. Dia mengaku senang dapat kembali ke Indonesia karena dapat merayakan lebaran bersama istri dan anaknya di Jakarta.

“Di sisi lain juga galau karena habis lebaran akan sering mengecek handphone menunggu pesan masuk dari AIDA untuk dipanggil kerja kembali. Mudah-mudahan wabah ini cepat berlalu”, ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper