Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mari Menikmati Foto Supermoon Terakhir Tahun Ini

Supermoon yang terjadi pada Kamis, 7 Mei 2020 disebut flower moon. Penampakannya, bulan akan lebih besar dan terang dibandingkan hari-hari sebelumnya.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 07 Mei 2020  |  21:26 WIB
Fenomena
Fenomena "Supermoon" atau posisi bulan terdekat dengan bumi terpantau dari kota Kudus, Kamis (7/5/2020). Fenomena Supermoon terakhir untuk tahun 2020 bernama "flower moon" tersebut bisa terlihat sepanjang malam di seluruh dunia dan dapat disaksikan mulai Rabu malam (6/5/2020) hingga tiga hari ke depan. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho - nz

Bisnis.com, JAKARTA - Pada senja di hari Kamis, 7 Mei 2020, pandanglah langit dan Anda akan melihat supermoon.

Bila langit sedang cerah, maka akan terlihat bulatan bulan yang cukup besar. Lebih besar dibandingkan dengan penampakan bulan dari malam biasanya.

Indah. Akan sangat indah bila dilihat dengan alat bantu jarak jauh.

Definisi dari supermoon adalah penampakan ketika bulan berada dalam orbit elips di sekitar bumi. Orbitnya bukan berbentuk lingkaran sempurna, sehingga kadang lebh dekat dan kadang lebih jauh.

Fenomena \'Supermoon\' terlihat di Desa Alue Raya, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Rabu (6/5/2020). Fenomena supermoon terakhir pada 2020 bernama “flower moon” ini bisa terlihat jelas di seluruh Dunia dimana posisi bulan terdekat dengan bumi dan dapat disaksikan mulai Rabu (6/5/2020) hingga tiga hari ke depan. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Kenapa supermoon kali ini disebut Super Flower Moon? Sebab, kali ini ada banyak bunga bermekaran dalam banyak warna, dan petani menyemai ladang mereka.

Pada tingkat yang lebih dalam, Bulan Bunga (Flower Moon) ini merupakan tanda bahwa musim dingin dan keras telah, mempersiapkan kita untuk tumbuh dan berkembang dengan cara yang baru dan tidak terduga.

Mengutip dari Travel Leisure, ada dua waktu khusus untuk melihat fenomena alam yang disebut sebagai Super Flower Moon ini, yakni ketika bulan terbit dan ketika bulan terbenam.

Ilmuwan astrofisika di American Museum of Natural History, New York Jackie Faherty menuturkan bahwa saat bulan dalam kondisi sangat rendah di cakrawala dan orang-orang akan mendapatkan pemandangan indah. Pemandangan yang paling dicari setiap tahun.

Bulan akan berwarna merah muda atau bahkan kuning ketika berada dekat dengan cakrawala. Ini berlaku untuk semua kondisi bulan purnama.

Fenomena \"Supermoon\" atau posisi bulan terdekat dengan bumi terpantau dari kota Kudus, Kamis (7/5/2020). Fenomena Supermoon terakhir untuk tahun 2020 bernama \"flower moon\" tersebut bisa terlihat sepanjang malam di seluruh dunia dan dapat disaksikan mulai Rabu malam (6/5/2020) hingga tiga hari ke depan. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

foto bulan purnama supermoon
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top