Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indogrosir di Sleman Ditutup Sementara karena 27 Karyawannya Reaktif Virus Corona

Supermarket Indogrosir di Jalan Magelang, Mlati, Sleman, resmi ditutup sementara berdasarkan surat yang dikeluarkan Bupati Sleman Sri Purnomo, Selasa (5/5/2020).
Warga berbelanja kebutuhan pangan dan rumah tangga di salah satu supermarket di Cimahi, Jawa Barat, Minggu (19/4/2020). Bisnis/Rachman
Warga berbelanja kebutuhan pangan dan rumah tangga di salah satu supermarket di Cimahi, Jawa Barat, Minggu (19/4/2020). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Supermarket Indogrosir di Jalan Magelang, Mlati, Sleman, resmi ditutup sementara berdasarkan surat yang dikeluarkan Bupati Sleman  Sri Purnomo, Selasa (5/5/2020).

Penutupan itu berdasarkan hasil rapid test virus corona yang dilakukan kepada 10 manajemen supermarket besar tersebut, Sabtu (2/5/2020). Dari 10 orang yang dites, lima orang reaktif.

Rapid test lantas dikembangkan kepada 94 karyawan di bagian pelayanan supermarket besar tersebut, Senin (4/5/2020). Hasilnya, dari 94 orang yang dites, 22 orang di antaranya reaktif.

Secara keseluruhan, ada 27 orang karyawan yang hasil tes cepatnya dinyatakan reaktif. Kini seluruhnya mengikuti uji swab di RS rujukan Covid-19.

"Itulah sebabnya, hari ini [Selasa, 5/5/2020], kami fokus melakukan rapid test bagi 106 karyawan lainnya. Kami fokus menyelesaikan sisanya sambil menunggu hasilnya," kata Sri Purnomo.

Dia berharap hasil tes tersebut bisa diketahui, Rabu (6/5/2020). Supaya pelaksanaan rapid test massal fokus dilakukan kepada 106 karyawan, maka Pemkab Sleman menutup sementara operasional supermarket Indogrosir tersebut.

Kasus dugaan adanya karyawan di sebuah supermarket di Mlati, Sleman yang terpapar Covid-19 bermula dari adanya satu karyawan yang merupakan warga Kota Yogyakarta yang positif Covid-19.

Kemudian 10 karyawan lainnya, sembilan di antaranya melakukan tes cepat di Puskesmas Mlati 1 Sleman dengan hasil empat orang nonreaktif, lima orang reaktif, dan satu karyawan tes cepat di Puskesmas Kota Yogyakarta.

Hasil deteksi antibodi dikatakan reaktif apabila salah satu atau kedua antibodi IgM atau IgG menunjukkan hasil reaktif. Ini menandakan bahwa pasien mengalami infeksi tertentu. Jangan lansung panik jika hasil tes Anda positif. Pasalnya, antibodi yang diperiksa pada rapid test ini bisa saja muncul karena virus corona jenis lain dan bukan Covid-19.

Karena itu, dokter biasanya akan merujuk Anda untuk langsung melakukan swab test atau PCR. Dengan tes ini, infeksi dalam tubuh Anda bisa dipastikan akibat Covid 19 atau bukan.

Kasus reaktif virus corona di Indogrosir bermula pada Sabtu (25/4/2020), sekitar pukul 14.15 WIB, ada salah satu karyawan pingsan di dalam area Indogrosir (Bagian Kasir).

Selanjutnya, tiga karyawan lainnya yang melihat kejadian tersebut mengangkat karyawan yang pingsan tersebut keluar area swalayan dan memasukkan ke dalam mobil untuk dibawa ke RSA UGM.

Saat itu, yang berada di dalam mobil ada empat karyawan. Karyawan yang pingsan tersebut di RSA UGM langsung dilakukan pemeriksaan medis.

Selanjutnya pada pukul 20.00 WIB karyawan tersebut diperbolehkan pulang dan disarankan untuk istirahat dan mengisolasikan diri di rumahnya dan diantar oleh empat karyawan yang sebelumnya ikut mengantar ke rumah sakit. Pada Kamis (30/4/2020) ada tujuh karyawan yang sempat menolong diinstruksikan untuk melakukan cek darah di Puskesmas Mlati 1.

Pada Sabtu (2/5/2020) dan hasil cek lab yaitu tiga orang nonreaktif dan lima orang reaktif sehingga keseluruhan karyawan yang terlibat menolong melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing sampai 15 Mei 2020.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Sumber : Harianjogja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper