Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penjara di Venezuela Rusuh, Sedikitnya 17 Narapidana Tewas

Sedikitnya 17 narapidana di penjara Venezuela tewas pada Sabtu (2/5/2020) WIB ketika berusaha melarikan diri saat terjadi kerusuhan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 Mei 2020  |  14:21 WIB
Foto dokumentasi: Para tahanan berkumpul di atap Penjara Polisi Bolivarian Nasional saat terjadi kerusuhan di Caracas, Venezuela, Senin (27/4/2015)./Antara - Reuters
Foto dokumentasi: Para tahanan berkumpul di atap Penjara Polisi Bolivarian Nasional saat terjadi kerusuhan di Caracas, Venezuela, Senin (27/4/2015)./Antara - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Sedikitnya 17 narapidana di penjara Venezuela tewas pada Sabtu (2/5/2020) WIB ketika berusaha melarikan diri saat terjadi kerusuhan, demikian laporan militer yang dilihat oleh Reuters dan satu anggota parlemen Venezuela.

Laporan Pengawal Nasional Venezuela menyebutkan bahwa para tentara menembaki sekelompok tahanan bersenjata ketika mereka berusaha keluar dari pintu masuk utama penjara Los Llanos.

Seorang petugas kemudian menggunakan alat pengeras suara untuk bernegosiasi dengan para tahanan dan mereka setuju untuk mundur, menurut laporan tersebut.

Laporan itu menyebutkan bahwa militer berasumsi ada lebih banyak tahanan yang meninggal dalam kerusuhan di penjara itu, dan anggota parlemen Maria Martinez mengatakan kepada Reuters bahwa lebih dari 40 orang diketahui telah meninggal.

Martinez, yang tinggal di ibu kota negara bagian terdekat Guanare, mengatakan kerusuhan itu disebabkan oleh otoritas penjara yang melarang kerabat narapidana membawakan mereka makanan, padahal itu kebiasaan di penjara-penjara Venezuela.

Menteri Lembaga Pemasyarakatan Venezuela, Iris Varela, dalam wawancara dengan satu surat kabar lokal, membenarkan adanya insiden di penjara itu, dan menyebutkan bahwa direktur penjara itu telah ditembak dan terluka.

Namun, Varela tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai hal itu atau tidak menyebutkan jumlah korban tewas.

Sementara Kementerian Informasi Venezuela tidak menanggapi permintaan untuk memberikan pernyataan.

Kerusuhan mematikan adalah hal biasa di penjara-penjara Venezuela, di mana para napi sering secara terbuka menggunakan senjata.

Human Rights Watch dalam laporannya tahun ini mengatakan penjara-penjara di negara itu bermasalah dengan korupsi, keamanan yang tidak memadai, dan kepadatan isi ruang tahanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

venezuela kerusuhan

Sumber : Antara/Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top