Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wah, Ada Toilet Rahasia di Mobil Kim Jong-un

Adapun cara yang ditempuh Kim Jong-un agar sakitnya tak diketahui pihak lain termasuk intelijen adalah dengan membawa toilet portabel ke manapun dia pergi.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 28 April 2020  |  12:06 WIB
Sejumlah pengawal mengiringi mobil yang ditumpangi pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. - Istimewa
Sejumlah pengawal mengiringi mobil yang ditumpangi pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menjadi sorotan dunia. Beredar kabar bahwa dia dalam kondisi kritis, bahkan ada  yang menduga telah meninggal.

Dia menjadi sorotan media massa karena tidak muncul di depan publik selama dua pekan dan untuk pertama kalinya melewatkan perayaan hari lahir mendiang kakeknya dan pendiri Korut, Kim Il-sung, pada 15 April 2020.

Hal inilah yang menimbulkan beragam spekulasi: kondisi kritis atau meninggal?

Akhir pekan lalu beredar kabar tim medis China datang ke Korut untuk terkait kondisi kesehatan Kim Jong-un,  dan penampakan kereta diduga milik pemimpin Korea Utara tersebut di suatu wilayah.

Pekan lalu, mencuat informasi bahwa ia sedang dalam kondisi kritis setelah menjalani operasi jantung.

Kim Jong-un, memang seorang perokok berat yang berat badannya telah membengkak sejak mengambil alih kekuasaan pada 2011, diduga sakit jantung dan menjalani operasi.

Apakah benar sakit jantung?

Ternyata, Kim Jong-un tidak mau soal sakitnya diketahui. Dia menutup rapat-rapat kondisi kesehatannya.

Adapun cara yang ditempuh Kim Jong-un agar sakitnya tak diketahui pihak lain termasuk intelijen adalah dengan membawa toilet portabel ke manapun dia pergi.

Dikutip dari www.news.com.au, seorang pembelot yang pernah bertugas di Komando Penjaga Korea Utara telah mengungkapkan bahwa Kim Jong-un membawa toilet rahasia ke mana pun dia pergi.

Sumber itu mengatakan kepada The Washington Post bahwa alasannya adalah demi keamanan agar agen intelijen asing tidak mengumpulkan kotoran pemimpin Korea Utara dalam upaya untuk menentukan kondisi kesehatannya.

Sumber lain mengatakan kepada Daily NK bahwa terlepas dari apakah rombongannya bepergian dengan kereta api, sedan atau kendaraan off-road, salah satu kendaraan selalu memiliki toilet built-in untuk penggunaan pribadi Kim Jong-un.

Menurut sumber, Kim  Jong-un selalu memiliki toilet bepergian di mobilnya.

"Ada beberapa kendaraan di dalam konvoi sehingga orang-orang tidak tahu di mana dia berada, dan ada mobil terpisah yang bertindak sebagai kamar kecilnya," kata seorang sumber.

Kim Jong-un diketahui menggunakan mobil Mercedes-Benz lapis baja, yang salah satu di antaranya mungkin adalah untuk toilet portabel.

Analis bahkan tidak yakin dari mana Korea Utara mendapatkan mobil tersebut, dan melengkapinya dengan toilet.

Eks agen dinas rahasia AS , Dan Bongino mengatakan kepada Fox News bahwa, selama bertugas, dirinya menyaksikan lebih dari  50 kepala negara menggunakan mobil dan dilindungi, namun  tidak pernah mendengar toilet limusin.

"Jika benar, itu benar-benar berbicara kepada paranoia rezim Korea Utara," kata Bongino.

Jadi, keberadaan Kim Jong-un masih akan menjadi misteri selagi dia tidak menampakkan sosoknya ke publik.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korut kim jong un
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top