Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Corona, Malaysia Sediakan Tempat Tinggal untuk Tunawisma

Pemerintah Malaysia menyediakan tempat tinggal sementara untuk para tunawisma guna memastikan bahwa pembatasan sosial dilakukan dengan benar selama pandemi Corona.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 08 April 2020  |  13:17 WIB
Suasana jalan yang kosong di Bukit Bintang di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (18/3/2020). Sejumlah jalan raya di Malaysia menjadi sepi setelah pemerintah mengumumkan lockdown nasional selama dua minggu. Bloomberg - Samsul Said
Suasana jalan yang kosong di Bukit Bintang di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (18/3/2020). Sejumlah jalan raya di Malaysia menjadi sepi setelah pemerintah mengumumkan lockdown nasional selama dua minggu. Bloomberg - Samsul Said

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Malaysia membangun bilik yang bisa ditempati sementara oleh tunawisma sepanjang pembatasan aktivitas atau movement control order (MCO).

Dikutip dari Malay Mail, hal itu diinisiasi oleh Kementerian Wilayah Federal Malaysia. Fasilitas tersebut diberikan guna memastikan bahwa pembatasan sosial dilakukan dengan benar.

Berdasarkan unggahan video dari Menteri Wilayah Federal Malaysia Tan Sri Annuar Musa, terlihat bahwa bilik kecil berbahan kain yang berbentuk kubus dengan ukuran sekitar 2x2 meter itu berlabel National Disaster Management Agency (Nadma).

Sejumlah bilik dibangun di Sentul Perdana Community Centre yang merupakan salah satu dari empat penampungan yang menaungi sekitar 540 tunawisma. Setiap bilik dilengkapi dengan sebuah tikar yang dipisahkan dengan jarak 1 meter.

“Alhamdulillah, arahan saya supaya dipasang bilik untuk gelandangan segera dilaksanakan. Saya akan mengurus selimutnya setelah ini,” katanya melalui Twitter pada Selasa malam (7/4/2020).

Dewan Bandaraya Kuala Lumpur telah memfasilitasi 541 tunawisma di dua titik dan empat pusat komunitas guna melacak dan memastikan keamanan mereka selama MCO.

Walikota Kuala Lumpur Datuk Nor Hisham mengungkapkan seluruh tunawisma telah diuji Covid-19 dan semuanya dinyatakan negatif.

Setiap penampungan dibagi menjadi tiga kategori, yakni (1) sehat, (2) penderita penyakit menular, penderita penyakit mental, atau penyalahgunaan obat terlarang, (3) non-warga negara.

Channel News Asia melaporkan Malaysia mencatat 170 kasus Covid-19 baru pada Selasa kemarin. Dengan demikian total kasus positif virus Corona menjadi 3.963 orang.

Satu orang dinyatakan meninggal, yakni laki-laki berumur 71 tahun dari Perlis. Dia dilaporkan mengunjungi perkumpulan religius di Sulawesi pada 17 - 24 Maret. Hingga saat ini, total kematian akibat Covid-19 di Malaysia mencapai 63 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

malaysia Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top