Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Diplomasi Corona: AS Gelontorkan Hibah, Indonesia Dijatah US$2,3 Juta

AS melalui Departemen Luar Negeri dan USAID menyediakan bantuan kemanusiaan senilai hampir US$274 juta untuk negara-negara yang membutuhkan. Anggaran untuk melawan Corona tersebut di luar dana yang telah diberikan kepada organisasi multilateral seperti WHO dan UNICEF.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  21:15 WIB
Kedubes AS di China - usembassy/china.org.cn
Kedubes AS di China - usembassy/china.org.cn

Bisnis.com, JAKARTA - AS melalui Departemen Luar Negeri dan USAID menyediakan bantuan kemanusiaan senilai hampir US$274 juta untuk negara-negara yang membutuhkan. Anggaran untuk melawan Corona tersebut di luar dana yang telah diberikan kepada organisasi multilateral seperti WHO dan UNICEF.

Menurut keterangan resmi Kedutaan Besar AS, Indonesia menerima US$2,3 juta dalam bentuk bantuan kesehatan. Dana akan digunakan untuk membantu pemerintah Indonesia menyiapkan sistem laboratorium, mengaktifkan penemuan kasus, pengawasan berbasis peristiwa, serta mendukung para pakar teknis untuk respons dan kesiapsiagaan, dan banyak lagi.

"Amerika Serikat telah menginvestasikan lebih dari US$1 miliar dalam kesehatan dan lebih dari US$5 miliar dalam total bantuan selama 20 tahun terakhir," ujar Kedubes AS di Indonesia dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (31/3/2020).

Bantuan kemanusiaan Corona tersebut termasuk hampir US$100 juta dalam bantuan kesehatan darurat dari Global Health Emergency Reserve Fund USAID dan US$110 juta dalam bantuan kemanusiaan dari pos International Disaster Assistance USAID. Bantuan akan disalurkan untuk 64 negara paling berisiko terhadap ancaman dari pandemi global ini.

Melalui Biro Kependudukan, Pengungsi, dan Migrasi Departemen Luar Negeri, Refugee Agency PBB atau UNHCR akan menerima US$64 juta untuk membantu mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh Covid-19 dalam situasi krisis kemanusiaan.

Bantuan ini adalah bagian dari paket respons global dari lembaga-lembaga di AS, termasuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Sejak 2009, pembayar pajak Amerika telah mendanai lebih dari US$100 miliar bantuan kesehatan dan hampir US$70 miliar dalam bantuan kemanusiaan secara global.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top