Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Atasi Corona, SBY: Pemerintah Perlu Koreksi dan Perbaiki Langkah

SBY menyambut baik langkah-langkah pemerintah untuk meningkatkan upaya penanganan virus corona. Namun, dia mengakui bahwa langkah yang lebih serius, atau sangat serius, memang diperlukan.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 18 Maret 2020  |  01:34 WIB
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhono menyampaikan pidato politiknya dalam acara HUT Ke-17 Partai Demokrat di Jakarta, Senin (17/9/2018) - Antara/Rivan Awal Lingga.
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhono menyampaikan pidato politiknya dalam acara HUT Ke-17 Partai Demokrat di Jakarta, Senin (17/9/2018) - Antara/Rivan Awal Lingga.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah dinilai perlu melakukan koreksi dan perbaikan atas langkah-langkah awal dalam penanganan virus corona (COVID - 19) di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Presidan RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono melalui catatannya dalam akun Facebook resminya, Selasa (17/3/2020).

Menurutnya, penyebaran virus corona di Indonesia sudah sampai pada tahapan serius. Kondisi itu, jelasnya, harus dihadapi bersama dengan sangat serius.

Pria yang akrab disapa SBY ini menyambut baik langkah-langkah pemerintah untuk meningkatkan upaya penanganan virus corona. Namun, dia mengakui bahwa langkah yang lebih serius, atau sangat serius, memang diperlukan.

"Secara jujur harus saya katakan bahwa pemerintah harus melakukan koreksi dan perbaikan atas langkah-langkah awal yang dilakukan," ujarnya dalam catatan itu.

SBY menilai mungkin pada awalnya pemerintah terlalu percaya diri (over-confident), menganggap ringan (under-estimate). Di sisi lain, pernyataan sejumlah pejabat dinilai tidak tepat (misleading).

Kendati begitu, mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini lebih lanjur menilai upaya perubahan kebijakan terkait penanganan virus corona itu kian nyata.

"Tapi itu sudah lewat. Yang positif, tindakan pemerintah kini makin nyata. Rakyat akan merasa tenang dan tak akan panik, seperti yang selalu diinginkan oleh pemerintah, apabila rakyat yakin pemerintahnya melakukan langkah-langkah yang benar, tepat dan kredibel," tegasnya.

Berkaca dari sejumlah langkah yang berhasil dilakukan oleh negara lain, SBY menuturkan bahwa rakyat akan tenang bila terus diberikan informasi yang diperlukan. Hal itu disertai apa yang pemerintah harapkan untuk dilakukan oleh masyarakat dan warga.

"Apa yang boleh dan harus dilakukan, dan apa yang tak boleh. Tentu semua sesuai dengan protokol corona yang berlaku secara internasional. Inilah yang disebut guidance dan direction."

SBY menambahkan bahwa masyarakat juga mengharapkan guidance yang diterima dari pemerintah klop satu sama lain. Tidak ada perbedaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Ini pandangan saya. Yang jelas saya mendukung penuh langkah-langkah pemerintah untuk meningkatkan semua upaya mencegah virus corona semakin menyebar di negeri kita," jelas SBY.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi sby Virus Corona
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top