Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dorong Kualitas Kesehatan Serang, Iriana Jokowi beri 1.000 Jamban

Pemberian jamban ini demi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Serang. Merujuk data Dinas Kesehatan Kota Serang, sekitar 24,73 persen atau 29.735 kepala keluarga, masih melakukan buang air besar sembarangan.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 24 Februari 2020  |  19:26 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo memberi hormat sebelum bertolak ke Jepang untuk menghadiri KTT G20 di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Antara
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo memberi hormat sebelum bertolak ke Jepang untuk menghadiri KTT G20 di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ibu Negara Iriana Jokowi memberikan bantuan berupa 1.000 jamban, satu sumur artesis dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk masyarakat di tiga kecamatan di kota Serang, Banten, Senin (24/2/2020).

Secara simbolis, bantuan tersebut diserahkan Iriana yang didampingi istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani, beserta rombongan di Kampung Kenari, Kecamatan Kasemen.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat yang memiliki jamban layak. Tadi Bu Luhut sudah menceritakan bahwa di sini ada yang sudah hampir 30 tahun belum memiliki jamban," kata Iriana, mengutip keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (24/2/2020).

Dia juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, terutama yang berkaitan dengan sanitasi lingkungan. Jamban dalam hal itu menjadi penting.

Senentara itu, Iriana mencatat masih rendahnya kesadaran menggunakan jamban dan juga akses kepada fasilitas sanitasi sehat yang belum memadai. Data dari Dinas Kesehatan Kota Serang menunjukkan bahwa sekitar 24,73 persen atau 29.735 kepala keluarga masih melakukan buang air besar sembarangan, baik di kebun, sawah maupun sungai.

Adapun kunjungan tersebut dilakukan bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM). Organisasi kemasyarakatan ini beranggotakan istri presiden dan wakilnya serta istri para menteri.

Ketua Bidang 4 OASE-KIM Devi Luhut Panjaitan dalam laporannya mengatakan bahwa bantuan jamban diberikan kepada tiga kecamatan yang paling membutuhkan. Dengan dibangunnya jamban, diharapkan budaya masyarakat dalam hal sanitasi juga bisa berubah menjadi lebih baik.

"Memang mengubah budaya itu tidak mudah, tetapi OASE Kabinet Indonesia Maju pada kesempatan ini menolong masyarakat untuk mengubah kebiasaan hidupnya menuju yang lebih sehat," kata Devi.

Pembangunan 1.000 jamban di Kota Serang akan dilaksanakan secara bertahap sepanjang 2020. Dalam pelaksanaannya, program tersebut didukung oleh tujuh kementerian, yaitu Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Sosial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi iriana jokowi
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top