Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Zulkifli Hasan Kembali Pimpin PAN setelah Asman Mundur dari Pencalonan

Zulkifli Hasan (Zulhas) akhirnya menjadi ketua umum dua periode.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 11 Februari 2020  |  20:10 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) memberikan sambutan saat pembukaan Kongres V PAN di MTQ Square, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020). Kongres V PAN berlangsung sejak 10-12 Februari 2020 itu dengan agenda pemilihan Ketua Umum PAN periode 2020-2025. - Antara/Jojon
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) memberikan sambutan saat pembukaan Kongres V PAN di MTQ Square, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020). Kongres V PAN berlangsung sejak 10-12 Februari 2020 itu dengan agenda pemilihan Ketua Umum PAN periode 2020-2025. - Antara/Jojon

Bisnis.com, JAKARTA — Zulkifli Hasan (Zulhas) akhirnya menjadi ketua umum dua periode setelah memenangkan pemungutan suara di arena Kogres ke-5 Partai Amanat Nasional (PAN) Selasa (11/2/2020) di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Sebelumnya belum pernah ada ketua umum PAN yang menjabat dua periode sejak ketua umum pertama Amien Rais, Sutrisno Bachir, dan Hatta Rajasa sebelum Zulhas yang terpilih pada Kongres PAN 2015.

Kini Zulhas siap untuk memimpin PAN untuk periode 2020-2025.

Kemenangan Zulhas dengan raihan 331 suara melawan Mulfachri Harahap dengan 225 suara, dan Drajat Wibowo, menunjukkan bahwa demokrasi berjalan di tubuh partai itu cukup dinamis tanpa aklamasi.

Sebanyak enam suara dinyatakan tidak sah, sedangkan tiga suara lainnya abstain di dalam sistem pemilihan lewat voting tersebut.

Asman Abnur memutuskan mundur dari pencalonan ketua umum dalam Kongres untuk membuat situasi pemilihan partai berlambang matahari putih itu lebih kondusif. Pasalnya, situasi didalam kongres sempat memanas para setelah pendukung para calon Ketum PAN saling lempar kursi.

"Saya memutuskan untuk tidak melanjutkan pencalonan ini," kata Asman Abnur.

Asman menyerahkan semua keputusan para pendukungnya dalam menentukan pilihannya dalam pemilihan Ketum PAN 2020-2025. Namun, dia mengisyaratkan dirinya mendukung Zulkifli Hasan kembali menjadi Ketua Umum PAN untuk kedua kalinya.

"Tetapi teman-teman tahu bagaimana kedekatan saya dengan Bang Zul. Tetapi saya tetap menyerahkan kepada para peserta," ujar Asman, Selasa (11/2/2020).

Sementara itu, Drajad Wibowo memilih tetap maju meski harus menelan pil pahit kakalahan. Dia beralasan ingin menjaga iklim demokrasi di partai berlambang matahari tersebut.

Kongres PAN kali ini sempat diwarnai kericuhan antarpendukung calon ketua umum.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai amanat nasional
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top