100 Hari Kabinet Indonesia Maju : Erick Thohir Menteri Terfavorit

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir bersama dua wakilnya menduduki peringkat teratas jajaran Kabinet Indonesia Maju atau KIM paling dipersepsi positif oleh publik.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 08 Februari 2020  |  15:54 WIB
100 Hari Kabinet Indonesia Maju : Erick Thohir Menteri Terfavorit
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat peresmian landasan pacu tiga Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), East Connection Taxiway (ECT), terminal tiga dan gedung VIP Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, Kamis (23/1/2020). - FOTO / Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir bersama dua wakilnya menduduki peringkat teratas jajaran Kabinet Indonesia Maju atau KIM paling dipersepsi positif oleh publik.

Survei Indonesia Political Opinion (IPO) menempatkan Erick sebagai menteri paling disukai publik. Bekas Presiden FC Internazionale Milano itu memanen 96,0 persen suara dari publik yang mengenalnya.

Di bawahnya adalah Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi 94,0 persen Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud M.D. 92,0%, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian 91,0 persen, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani 90,0 persen.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah Putra menjelaskan bahwa kesukaan publik terhadap Menteri tersebut didasarkan figur dan latar belakang mereka. Bentuk penilaian itu a.l. intelegensia, ketegasan, kewibawaan, dan religiusitas.

Di jajaran wakil menteri, dua pembantu Erick juga paling mendapatkan tempat di hati publik. Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo bertengger di daftar teratas wakil menteri yang paling tepat penunjukannya.

“Budi Gunadi 29 persen dan Kartika 29 persen masing-masing di peringkat pertama dan kedua,” kata Dedi dalam acara diskusi 100 Hari Jokowi-Ma’ruf di Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Berbanding lurus dengan pimpinannya, Kementerian BUMN juga masuk dalam tiga besar kementerian paling baik kinerjanya dalam 100 hari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Kementerian BUMN mendapatkan 77,0% kepercayaan publik di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 80,3% dan Kementerian Luar Negeri 84,0%.

Survei IPO berbasis teknik wellbeing purposive sampling (WPS) tersebut berlangsung dari 10 Januari-31 Januari 2020 terhadap 1.600 responden. Validitas data dengan menggunakan metode itu diklaim dalam rentang 94%-97%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
erick thohir

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top